...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Senin, 23 November 2009

Gue ditawarin jadi model iklan...


EDAN...
satu kata dr gw ketika ngeliat aktifitas para pekerja filem...apa lagi di dunia sinetron yg jadwalnya puadet banget.
para artisnya, figuran, tukang ngintip, tukang kabel, tukang bikin kopi dan semua yg terlibat didalamnya...
Hari minggu yg gak begitu cerah agak sedikit mendung, gw berangkat ke Studio Alam yg ada di Depok Jabar.gw berangkat ama anak gw tesayang, istri tercinta dan beberapa sodara gw. Kebetulan 2 sepupu gw menjadi pemeran utama di sinetron itu.

Sampai di lokasi suting gerimispun turun. Sayang...tempat yg indah tak dapat kami nikmati dan kenyamananpun tak dapat kami dapatkan.
tengok kanan kiri...amati situasi. para pekerja seni sedang sibuk mempersiapkan semua keperluan.

Tak seberapa lama sepupu gw dateng ama bokapnya (nyokapnya ikut mobil gw td dari Jakarta). Dengan mata yang sembab, bibir sedikit mengerucut mereka menghampiri ke tempat kami berteduh (mobil avansa gw sulap menjadi tempat teduh yg terpaksa dibuat nyaman) alhamdulillah sepupu gw belum terkena selebritis sindrom yg hanya mau dihampiri.
"kenapa tuh ilham om?" tanya gw ke bapaknya sepupu gw itu.
"lg gak oke tuh yu...tadi abis seleasai syuting jam 11 pagi sekarang musti syuting lagi" jawab om gw.
"jam 11 dah kelar om? emang mulainya jam berapa?"tanya gw lg.
"kemarin jam 12 siang"jawab om gw.
Uwet...dari jam 12 siang ampe jam 11 siang hari berikutnya? edan...berarti sepupu gw kerja 23 jam...bayangin...sepupu gw yg berumur 11th dan 13th dah kerja banting peran 23jam? apa lagi senetronnya tiping, jadi harus syuting setiap hari karena kejar tayang.
"itu siapa om yang pada neduh di Mushola?"tanya bini gw.
"O...itu para ektran, figuran"jawab om gw.
"yg itu lebih parah lagi..."saut tante gw nyokapnya sepupu gw "mereka dah dateng dari pagi nungguin take ampe kelar syuting"
"emang honor figuran gede ya tan?"tanya bini gw lg.
"30ribu"jawab tante gw sambil nyuap bakso panasnya.
Tuing...terkejab gw mendengar jawaban tante gw. 30 ribu plus nasi bungkus? seharian nunggu di lokasi syuting?
"yah...bagi mereka kepuasan batin yg didapat. masuk tipi merupakan kebanggan"timpa om gw.
kepuasan batin yg gimana yg mereka cari? kebanggaan yg hanya beberapa detik muncul wajahnya ditipi.

bayangkan...

sepupu gw yg notabennya siswa sekolah dasar, setiap harinya harus berperan di depan kamera, gak bisa ngikutin pelajaran sekolahnya (lebih parah lg, para guru di sekolahnya memberi despensi dan bangga dengan keartisan anak didiknya). kenapa gak homeschooling aja? mungkin itu pertanyaan yg banyak terlontar...percuma mo homeschooling...bo-ong kalo ada yg bilang mereka bisa homeschooling dengan aktifitas yg begitu padat. dan itu diAminin oleh Om gw. Mana bisa mereka konsen di pelajaran bila setiap hari syuting dari pagi hingga menjelang pagi lagi, bagai mana mereka mo mempelajari pelajaran bila mereka harus mempelajari skenario peran mereka (lebih parah lg, para guru di sekolahnya memberi despensi dan bangga dengan keartisan anak didiknya).

Para figuran yg nunggu take dari subuh ampe hampir subuh lagi hanya dapet 30 ribu. 30 ribu boz...(mohon maaf...tukang ojek depan gang gw aja narik dari siang ampe abis isya' dapet 50 ribu bersih. emang sih bedanya wajah mereka gak nongol di tipi).

Para tenaga kerja yg ada disana (krunya, tukang kabel, tukang lampu, tukang kamera tukang bikin air minum dll) mereka datang lebih awal dan pulang paling akhir.

Alhamdulillah...kalo gw pikir, ternyata lebih enak gw kerjanya. udah kerja di rumah, kerjanya cuma melototin layar monitor, klik sana klik sini doang duit dateng sendiri. yang bedanya cuma wajah ganteng gw gak nongol di tipi.

setelah waktu berlalu dan hujan semakin brutal menghujammi lokasi syuting. anak gw yg baru berumur 3thternyata menjadi pusat perhatian. bukannya dia yg minta foto, malah para artis yg minta foto sama adis (nama anak gw) sambil digendong-gendong dah persis kaya piala bergilir aja si Adis itu. yah emang Adis tuh anaknya lucu banget, gak mo diem loncat sana-sini, putih bersih 'n wajahnya ayu imut (bukannya sombong sih...tp emang dah keturunan kaleee...).

"yu...kenalin nih Mas Ikin. dia salah satu agency yg nanganin ilham ama fatur. siapa tau nanti dia punya peran buat Adis" kata Om gw sambil ngenalin seseorang.
Mas Ikin yg perawakan subur dan raut muka ramah menyenangkan itu pun menyalami gw.
"O...Nama saya Bayu mas. dan itu anak saya, namanya Adis umur 3th" kata gw ke mas Ikin. dan bini gw sibuk merapikan kucir rambut dan pakaian Adis yg sedikit berantakan setelah mendapat serangan dari para artis tadi dan didekatkan kepada kami (promosi nih yeee...).
"e...anu mas..."kata mas Ikin "sebenernya dari tadi saya amati mas Bayu dan saya malah tertarik dengan mas Bayu utuk menjadi model iklan di salah satu produsen minuman berenergi. Kalo mas Bayu tertarik, dan saya harap mas Bayu mau, besok pagi saya tunggu di kantor saya"

Alamak...terbengong gw ndengernya. dan gw liat bini gw tersenyum ceria, om dan tante serta sodara-sodara gw yg ada disitu pada riuh berkomentar. tp gw gak bisa mendengar komentar mereka karena terlalu sock mendengar jawaban dari mas Ikin tersebut.

"Oke mas...saya tunggu besok pagi jam 10 di kantor saya" kata mas Ikin sambil menyerahkan kartu namanya dan menyalami kami lalu pergi.

Dalam perjalanan pulang di dalam mobil avansa gw yg sedikit lebih longgor (karena tante gw nyokap dari sepupu gw yg artis tadi gak ikut pulang sama kami. dia masih nunggu kelar syuting anaknya) terjadi perbicara yg hangat.

Bini gw dengan penuh antusia mendorong supanya gw mo mengambil kesempatan ini.
"besok dateng ya yah...siapa tau rejeki neh..." kata bini gw yg diaminin sodara-sodara gw satu mobil.

Tergiur juga sih...tapi keputusan dah gw ambil setelah semalem gw pikirin 'n diskusiin ama bini gw.

KEPUTUSANNYA...
gw gak mo kehilangan saat-saat anak gw ngusilin 'n nggangguin gw kerja di depan komputer.
gw gak mo kehilangan teh manis bikinan bini gw setiap pagi menjelang gw tidur setelah semaleman kerja.
gw gak mo kehilangan saat-saat gw berantem sama Adis setiap dia mo bobo.
gw gak mo bini gw menjadi penunggu lokasi syuting.
gw gak mo kehilangan nikmatnya diinjek-injek Adis saat punggung gw pegel semaleman mencet-mencet tombol kibor.
jadi gw putusin...

GW GAK BAKAL DATENG PAGI INI...

dan satu lagi...
korek gas gw ilang dilokasi syuting...

21 komentar:

Iqbal mengatakan...

wah... eneng eneng.. korek kok iso ilang.. piye...

bah... cah cilik wes kerjo koyo ngono.. weleh weleh.. geleng-geleng awakku...

Bayu Lebond mengatakan...

Masa Qt kalah ama anak kecil boz...
Korek Gasku Sayang...Korek Gasku Ilang...

Iqbal mengatakan...

Korek gas seng model opo.. Mahalan yo..

Komentarmu keren.. Hehehe..
Walah lek..

Tiap wong enek dwe2 kgiatan ne..

People Entertainment mengatakan...

Korek gas-nya dicari lagi sekalian... melongok longok keadaan... kesempatan itu datang dari YME..!!

adtje mengatakan...

sangat di sayang kan ...

(KOREK NYA YG HILANG ....) hahahahaha !!

Ambar mengatakan...

kasian juga kalo masih kecil dah harus bekerja..

lusiedulink mengatakan...

saya setuju tuh dengan prinsip mas bayu, bener tuh soal anak yng musti shooting dr pagi sampai pagi lagi, kasihan yach, apalagi para figuran yang dibayar cuma 30 ribu, disuruh nungguin sehari harian... haduh, kejam ternyata dunia sinetron kita. lagian apa yang disajikan sinetron juga sering gak ada manfaatnya untuk anak anak

Anonim mengatakan...

membaca tulisanmu... anak- anak adalah aset masa depan DUNIA AKHERAT... merebut hak pendidikan, waktu bermain dan kasih sayang...rasanya kok kejam ya :( ... mereka berhak menentukan pilihan hidupnya. bukan didoktrin untuk tampil sempurna dan mengejar sesuatu yang belum saatnya..

tapi kalo ayah ga papa tuh jadi bintang iklan....lewat deh kesempatannya... tapi keputusanmu membuatku terharu...

"emak royya"

khusnul mengatakan...

Zaman sudah canggih,tidak kecil tidak besar, juga tidak cewek serta cowok.
Semua sudah ada yang mengatur.
He heeee...
Semoga selamat dunia sampai akherat.
Ha ha...

kluwan dot com mengatakan...

Ada aja mas Bayu nih,
Jadi model,
korek gas sayang,
korek gas ilang...
wulah, wulah.

rachmat mengatakan...

lebay ah, cuman iklan duank mah ambil aja ^_^
***kabuurrr....

Bayu Lebond mengatakan...

rachmat : yah minimal kelebayan gw gak ampe ngerugiin elu kan?

van mengatakan...

plis dehhh jangaaan lebaaayyy...
lhoh....(laguna sape ntu..)

Bayu Lebond mengatakan...

lagu yg lebay tuh van...ati-ati diomelin si upex rock tar lu...wkwkwkwkwwkwk dia anti lagu lebay

Rahad 2 Six mengatakan...

ckckck....
sangat disayangkan banget kalo korek gas nya sampe ilang...
apa gak capek tuh beli korek trus ilang mulu...wehehehe....
mending beli obor aja deh...

Bayu Lebond mengatakan...

Rahad : ide bagus tuh sam...dicoba ah...

Rock mengatakan...

Wahhhh... lagi pada ngomongin aku nich...

LL mengatakan...

Bener sam, yang utama adalah keluarga...
Kita punya banyak uang & terkenal di dunia persilatan (hahaha...) tp ga ada waktu buat keluarga buat apa...

Athene mengatakan...

kalo ada lamaran buat syuting daftarin q aja,,, hahahaa....

rizka hany mengatakan...

aku setuju mas.... ;)

SERBA BLOG mengatakan...

Kesempatan boleh ilang, tp jangan koreknya dong....
Prinsip yg bagus mas bayu...keluarga lebih utama...