...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Selasa, 15 Desember 2009

HIDUP MUSTI CERDIK...


Katanya sih hidup itu gak perlu pinter. hidup itu harus cerdik. orang pinter belum tentu cerdik dan orang pinter selalu kalah ama orang cerdik. contohnya si Abu Nawas selalu bisa menghindar dari hukuman atas kecerdikannya, atau si Kabayan (yg orang tau ketololannya) selalu untung atas kecerdikannya.
tp gak ada sekolah untuk itu, sekolah hanya mencetak orang-orang pinter. sekolah buat nyetak orang cerdik ya dijalan berguru dengan keadaan.
gw jd inget kejadian jaman dulu waktu gw masih muda (emang gw sekarang dah tua ya) pas sore-sore lg asik gitaran dipelataran kos-kosan, dateng temen gw yg anak arsitek dengan wajah sayu.
"dari mana aja lu, sore banget pulangnya?" tanya gw.
"abis dari gedung BCA neh praktek lapangan" jawab dia.
"praktek apaan? ngelap kaca gedung?" seloroh gw sambil nyomot piscok bawaan dia.
"asemik...gw td disuruh ngukur ketinggian gedung ama dosen gw" katanya.
wah baru neh bagi gw yg gak pernah ngurusin pergedungan.
"trus..."lanjut gw.
"yah...pada ngukur gedung pake metode masing-masing" dia membuka sepatunya. edan...kaos kaki bolong 'n baunya ajaib buanget.
"ada yg ngukur pake metode banyangngan gedung, jd bayangan gedung diukur trus dujumlahkan sudut matahari...bla...bla...bla..."
"ada yg pake metode menjatuhkan benda dari atas gedung, diukur waktu pelepasan benda sampai benda itu jatuh ketanah berapa lama dikali berat jenis benda bla...bla...bla..."
"pokoknya masih banyak lagi deh metodenya" lanjutnya, sekarang dia membuka nasi bungkus dan melahabnya.
"butuh berapa lama tugas itu selesai mengukur gedungnya?" tanya gw agak penasaran.
"yah rata-rata 2jam-an lah" jawabnya.
"lama banget...kl gw cuma butuh waktu 15 menit doang" kata gw agak sombong.
"alah...tau apasih lu tentang arsitektur" jawabnya esmosi.
"kl gw, gw bakal tanya ama sekuriti dimana letak ruangan pengelola gedung itu. trus gw tanya ama pengelola gedung berapa tinggi gedung itu. bukan cuma tingginya doang yg bakal gw dapet datanya lengkap dengan berapa luas tanah, berapa jumlah toilet yg ada, berapa lama gedung ini dibangun dll." jawabku.
"setan lu...kl gitu mah gw jg bisa" katanya.
"lhoh knapa nggak lu lakuin?" kata gw lagi.
"asmboh yu...omongan karo wong edan ra bakalan menang" katanya sambil masuk kamarnya.
lah emang salah omongan gw.
rugi gw gak jadi join nasi bungkusnya neh...

adalagi kejadian waktu gw nunggu bis abis pulang dari kampus di halte depan kampus gw.
lg asyik nunggu bis sambil maen rubik's cube gw, ada anak seumuran SMP lg jualan koran.
"mas...mas mahasiswa ya?" tanyanya sopan.
"yok-ik" jawab gw.
"berarti pinter dunk?"
"pastinya lah...gw gitu loh..."
"mas tau gak berapa tingkat gedung itu?" sambil menunjuk sebuah gedung yg ada didepan kampus gw.
lali gw itung jumlah jendela keatas.
"tingkat lima" jawab gw manteb.
"katanya mahasiswa tp koq bodoh?" jawabnya.
eit...songong neh anak.
"emang lu gak bisa ngitung apa?" jawab gw keki.
"tingkat satu mas...emang mas gak bisa baca apa?" jawabnya "itu ada plakatnya dibaca dunk"
mata gw langsung tertuju pada sebuah plakat yg ada didepan gedung itu yg bertuliskan...
"GEDUNG PEMERINTAH DAERAH TINGKAT 1 KOTA SURAKARTA"
buset gw dikadalin bocah, malu gw. lansung gw cabut dari situ.
"eh mas...gak beli korannya biar tambah pinter dikit" teriak anak tadi diiringi ketawa mahasiswa yg ada disitu.
"bodo...lu makan aja sendiri..."

kalah cerdik gw ama anak SMP. dasar sial.
dari pada dongkol gw nunggu bis jauh dari halte tadi 'n ngeluarin sebatang rokok kretek (emang cuma sebatang td beli 3 batang dikantin kampus).
ya amplop...korek gw ketinggalan dihalte tadi...mo ngambil tengsinlah yau.

42 komentar:

mygoblog mengatakan...

terkadang pintar saja memang tidak cukup (bukan terkadang deng tapi sering kali)dalam kehidupan ini...thanks teman sdh sharing

AmruSite mengatakan...

pertamax ya sob... hehehe

AmruSite mengatakan...

Betul sob, memang hidup harus cerdik.. tp ya jangan sampai nyerdikin orang alias minterin orang..
Salam semangat.

Iqbal mengatakan...

umur panjang bukan berarti cerdik dong... hahay...

rajin belajar musti mas..
TOP dah... sakti sampean
korek gas sebulan bisa abis sekotak..
abisnya ilang molo..
hahay...

Si Maya mengatakan...

top nieh info :)

mampir z kak, kasih komentar di blog aku yuk

Dian mengatakan...

mantaff Blognya..Sugeng ndalu From Yogya:)

Rock mengatakan...

habis kehilangan korek skrg koreknya ketinggalan mas... hahaha...

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

hidup itu memang harus seperti cerita sikancil...lincah dan banyak akal..

rachel mengatakan...

semut juga bro, yg gak ad istrahatnya,.,. mantap ni memberi smangat,.

gak mutu mengatakan...

pinter bukan berarti cerdik
kecerdikan bukan untuk mempinteri (boso opo mane iki) ... .

Lukman mengatakan...

sambil ngakak bacanya bro..hahaha

Cah Banyuwangi mengatakan...

mampir bersilaturahmi......kunjungan balik

bhogey mengatakan...

wakakak...
jadilah orang beruntung :D

Bayu Lebond mengatakan...

bhogey : bener..orang beruntung mengalahkan semuanya...

phonank mengatakan...

Semua orang pandai belum tentu cerdik,,

Jarang sekali orang cerdik berkembang banyak,,
haha

kayak peternakan doonk..!
saya setuju dengan pilihan hidup itu mesti cerdik...

phonank mengatakan...

Ijin tag di http://phonank.blogspot.com/2009/12/welcome-to-blog-parade.html,,

postingan terbaru phonank

phonank mengatakan...

Ada hal yg saya bingung mas lebond,,

kasih 5 jempol..??

kog ada yg ganjil yah..??

hmm...
satu lagi dari mana tuh..??
^__^

Bayu Lebond mengatakan...

hidup musti cerdik nank...lu cari aja sendiri jempol gw...tp jgn di tempat umum ya...nanti kena UU porno aksi...

phonank mengatakan...

Wakwakwak...

Kayaknya Ini jempol yg dimaksud, menyangkut bagian yang tidak kasat oleh mata,,

hihiii...

mending carinya lewat organ tubuh sendiri,, khihiii...

ditantangin cerdik...??

oooo... pasti ketemu jempol ke lima itu,

phonank mengatakan...

Bayu Lebond 007 telah terpasang..

sekarang tinggal DIUNDI,, yg keluar nomor berapa..??
Lhoo..!?!!!/

Harry Seenthing mengatakan...

hehehe kok bisa yah kalah cerdik, tetapi memang begitu ya mas.....

rahmatea mengatakan...

artikel atawa postingan yang bagus, segar...dan tentu saja cerdik....meskipun cuma sedikit cerdiknya, lho?....masih bisa di kalahin sama tukang koran sih...he...he...ini sedikit tips buat sobat semua agar kecerdikannya meningkat..., ga percaya? klik aja http://rahmatpunya.blogspot.com

kluwan dot com mengatakan...

perasaan aku sudah komentar kok belum muncul kenapa ya mas bayu?
aku juga cerdik lo?

Iqbal mengatakan...

hahaha,,,,, bisa kentir ngakak baca nih postingan

Bayu Lebond mengatakan...

jeng kusnul : tunggu diterbitkan jeng...percoyo aq yen jeng kusnul kuwi cerdik tur cerdas.
8Ball : ojo nganti edan lho bal...

phonank mengatakan...

Pa kabar sob...
libur ngapain ajah nih..??

mayan 3 hari...liburr..
hhooo

Iqbal mengatakan...

hahaha... ngedan yo ben., engko mati dewe..
hahaha..

van mengatakan...

wkwkwk...bisa ngakak nih baca postingan nie

Rahad 2 Six mengatakan...

walah....masak sampe dikadalin ama anak SMP sih,malu donk...
gw jga masih SMP loh....jgn2 bisa lagi ngadalin anak2 kuliahan, wkwkwkwk

telcoit mengatakan...

cerdik dan licik itu tipis bedanya... :))

phonank mengatakan...

Wkwkwk....
Bayu lebond asal ngomong nih..
masa phonank mimpi jorok sih..??
gak doonk..

phonank pilih ini ajah

"orang yg terbangun dari mimpi lalu tidur lagi tuk melanjutkan mimpinya."

Tidur..tidur..tidur....
hehehehehe

Didiet mengatakan...

Hidup itu gak perlu pinter. hidup itu harus cerdik...thaks mas..bener sekalo....

suwung mengatakan...

diriku pilih beruntung daeri pada pinter bos

phonank mengatakan...

Bayu lebond...
motornya masih ngambek gak..??
hehehehe...
motornya keren dah, hehe

Hidup itu musti cerdik....
hayoo katanya cerdik... apa yg akan dilakukan untuk motornya nih biar kembali *BRRUUUUUUMMM...*

Bayu The Maniac mengatakan...

memang kecerdikan lah yang terbaik ...
ditunggu postingan selanjutnya ...

yasuyassyash mengatakan...

ahuahahaha...
kacrut juga tuh bocah..

AwAnG mengatakan...

Saya setuju klo hidup tu mesti cerdik. D tunggu gan pasting berikutnya.

bayu mengatakan...

hidup ini memang harus pinter dan cerdik kang

Bayu Lebond mengatakan...

All : ilmu tanpa agama jd buta...agama tanpa ilmu jadi lumpuh...lah kalo udah bodoh gak beragama jadinya apa?

harysay mengatakan...

wakwakwakwakwak,...
Lucu lucu lucu,...

Keren bozZ critanya,..

Yoga Kucing mengatakan...

Ya begitulah hidup harus Cerdik...kalo nggak gitu kita bakal ketinggalan jaman alias katrok....!!!

cak surabaya mengatakan...

Kelucuan di negeri ini barawal dari kata-kata yang mereka keluarkan seperti kelucuan para pejabat di negeri dan dpr(dewan pelawak rakyat) ini tidak ada bedanya dengan pelawak profesional. Kenapa mereka tidak meniru seperti Mr. Bean...sedikit kata banyak lucunya.