...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Senin, 19 April 2010

Tattoo...

Kata “tattoo” berasal dari kata Tahitian / Tatu, yang memilki arti : menandakan sesuatu. Rajah atau tato (Bahasa Inggris: tattoo) adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pewarna ke dalam kulit. Tattoo dapat dibuat terhadap kulit manusia atau hewan. Rajah merupakan praktek yang ditemukan hampir di semua tempat dengan fungsi sesuai dengan adat setempat. Rajah dahulu sering dipakai oleh kalangan suku-suku terasing di suatu wilayah di dunia sebagai penandaan wilayah, derajat, pangkat, bahkan menandakan kesehatan seseorang. Walaupun pada beberapa kalangan rajah dianggap tabu, seni rajah tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia.


Tattoo yg di budaya negara kita sepertinya masih sedikit tabu, bahkan banyak orang menganggap orang bertattoo konotasi dengan premanisme, pribadi yg liar, susah diatur n hal-hal buruk lainnya sehingga banyak yg menganggap tattoo itu buruk.

namun banyak tempat atau masa di dunia ini menganggap tattoo itu merupakan suatu identitas atau Tattoo dibuat sebagai suatu symbol atau penanda, dapat memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi si empunya dan simbol keberanian dari si pemilik tattoo. Sejak masa pertama tattoo dibuat juga memiliki tujuan demikian. Tattoo dipercaya sebagai simbol keberuntungan, status sosial, kecantikan, kedewasaan, dan harga diri.
  • Di Borneo (Kalimantan), penduduk asli wanita disana menganggap bahwa tattoo merupakan sebuah simbol yang menunjukkan keahlian khusus.
  • Di Cina, pada masa zaman Dinasti Ming (kurang lebih 350 tahun yang lalu), wanita dari Suku Drung membuat tato di wajah dan pantatnya untuk sebagai tanda bagi keturunan yang baik.
  • Di Indian, melukis tubuh/ body painting dan mengukir kulit, dilakukan untuk mempercantik (sebagai tujuan estetika) dan menunjukkan status sosial.
  • Suku Mentawai memandang tato sebagai suatu hal yang sakral dan berfungsi sebagai simbol keseimbangan alam. gw ambil dari bung wiki
n banyak kalangan menganggap tattoo itu bagian dari seni.
yah...gw gak mo berdebat tentang plus minusnya orang tattoo-an, atau hukumnya orang bertattoo. kalo lu suka ya dinikmati, tp kalo lu gak suka ya jangan menghujad. nih tattoo gw...
"tattoo gw di lengan kiri"
Tattoo gw di lengan kiri bermotif batik dengan gambar goffy plus ada pita bertuliskan "papa gatot". papa gatot adalah nama panggilan bokap gw...gw bikin di Solo tahun 1995.

"tattoo gw di lengan kanan n itu adis anak gw"
tatto gw di lengan kana bermotif tribal dengan gambar dessy duck n ada rantai bertuliskan "mama mimin". mama mimin itu nama panggilan buat nyokap gw. tattoo ini gw bikin di Bali tahun 1997.

"tattoo gw bagian belakang"
tattoo gw di bagian punggung bergambar Batman lg jongkok di atas gedung tp gambarnya ketutupan ama kaos singlet gw. gw bikin di Jakarta tahun 2000.

sebenernya ada 2 lagi tattoo yg bersarang di badan gw. 
yaitu di dada dengan gambar nyamuk kecil yg ini gw bikin pada jaman gw masih sekolah tahun 1990. gambarnya aja jelek amat bung...yah yg namanya lagi coba-coba n yg nato juga temen gw sekelas. tp gak bakal gw tutupin ama gambar lain krn itu sebuah kenangan.
satu lagi ada tattoo bergambar donald duck lagi kejepit di antara belahan (maaf) pantat gw...tp karena tempatnya cukup ajaib maka nggak gw tampilin fotonya. takut kena UU pornografi...gw bikin tahun 2005 di Solo.

nah siapa bilang kalo tattoo tuh identik ama kebrutalan n kekerasan. buktinya, orang kalo ngeliat tattoo gw malah tertawa, minimal tersenyum. bahkan gak jarang banyak anak kecil minta foto bareng gw...tp gw biasanya minta imbalan korek api...

62 komentar:

Rock mengatakan...

hahaha...
keren bung...
goffy & dessy duck???

LL mengatakan...

Tapi aku penasaran ma tatto donald duck nya bung... hahaha...

om_rame mengatakan...

setiap org mempunyai persepsi masing2 mengenai seni jenis ini (tatto), persepsi tsb serta tdk saling mengganggu.
kaLau jaman duLu emang iya yg memiLiki seni ini disebut pak_reman atau apaLah, tp dgn berguLirya perkembangan jaman secara modernisasi maka saat ini seni tsb sudah diakui kebaradaannya sebagai sebuah karya seni yg patut dihargai & dihormati.

Bayu Lebond mengatakan...

Upex's : yen pengen ngerti tattoo ku seng donal kejepet silit yo mreneo...wkwkwkwkwk
om rame : tengkyu udah apresiasi positif tentang tattoo gw...

Rock mengatakan...

Mohhh... Saru...
hahaha...

Dimas mengatakan...

udah mas di posting aja foto tatto donal ducknya yang lgi kejepit itu, jd penasaran ahaha....
kasian tuh donal ducknya pingsan ditaroh disitu hehe..

Artikel Internet Online mengatakan...

saya orang kalimantan, tapi baru tau mas klo cewe disini jadiin tatto sebagai simbol keahlian khusus....
itu kalimantan mana ya ??

U-marr mengatakan...

tatto memang adalah seni, dan juga orang yang bertato itu kelihatannya lebih garang.. :)

mas, kok micky mouse gak d jadiin tatoo?? kasian, tmen-tmennya udah pada di jadiin tatoo d bdan mas masa pmeran utamanya (micky mouse) enngak... hehe :D

mas, karena tadi udah jadi 10 komentator pertama, jadi saya berikan tag dan awardnya. mohon di terima yah.. :)

megi mengatakan...

kasihan ama donal ducknya bung
hahaha ... :p

Frank mengatakan...

wuihh itu tatonya....hehe
yang punya blognya bertatto kagak?? hehe (bercanda)

Numpang baca2 ya ..
salam blogger

♥ria♥ mengatakan...

tatto keren ^___^

Darin mengatakan...

memang pendapat orang beda2 soal tatto, apalagi di negri ini yg masih erat budaya ketimurannya. kalau saya pribadi kurang setuju ya badan pemberian Tuhan ini digambari permanen seperti itu, kesannya jadi gimana gitu :) Tapi namanya juga pendapat, boleh beda kan? :)

Tapi gufy-nya keren juga hehe

attayaya mengatakan...

jiahahahahahaha...
keren juga minimouse-nya
kalo gambar gunung ada ga bung
atao jangkriknya kita tatto aja sekalian

rezKY p-RA-tama mengatakan...

sangar tatonya
mantap

Agung Aritanto mengatakan...

kalau didaerah saya mah orang yang bertatto identik dengan preman ato
identik dengan orang nakal

darahbiroe mengatakan...

apa gak sakit yaw di tato
yang jelas aku gak mauu ahhh
:D

antok mengatakan...

aku gak suka tato
ngeri malah kllo liad orang tatoan
tapi klo tato kecil cewek yang pake gitu
indah juga heheh

darahbiroe mengatakan...

wahhh keren nuy
menggunakan alat musik tradisional
rocker yang hebattt
salutt

antok mengatakan...

rocker yang keren nuy
hahahah
selamat siank sob

Rizky2009 mengatakan...

aq suka lihat tato, tp kalau badan q aq tato enggak deh

Saung Web mengatakan...

Ya namanya manusia emang macem2 ya sob.. saya sendiri kurang respek tuh ama tato2an

cimottisme.blogspot.com mengatakan...

ak sebenere yo pengen tatto boz...tp musti di luar negeri(wkkwk.. bukane apa)alesanya...krn tukang tattonya lebih profesional...ga asal2an....gambarnya juga lebih hidup....ni lg ngumpulin duit bw ke luar negeri pengen tatto dowank.....wkwkwkk..doakan saya....

give-health mengatakan...

keren tatonya, kalo q punya tato naga full di sebelah badan q,, hehehe

kang tejo mengatakan...

wahahahahah..benar tatto g identik kekerasan n keberutalan..klo tatoonya desy duck n goovy ma pada ketawa...hahahhah..

Herdoni Wahyono mengatakan...

Memang kalau melihat dan dengar kata 'tatto' biasanya otak kita langsung mengirim sinyal 'yang negatif' tentang orang yang bertatto tersebut. Lingkungan pergaulan, budaya, tempat dimana kita berada, peristiwa masa lalu atau hal lain dapat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap orang bertatto. Bertatto tidak selalu berkonotasi negatif. Ada tatto yang sangat bagus dan bernilai seni dan kita kagum bila melihatnya. Trims sharingnya.

Iqbal pekox's SMAN 4 METRO mengatakan...

wah,,, tatoo nya kok tumben ya kaya gitu,,
biasanya yang serem,, tengkorak,, trus bunga mawar,, ini kok kartun,..

hahaha,,, keren

rizalsaputra81 mengatakan...

wih nyeremin sob, tapi keren tato nya, follow balik yah

om_rame mengatakan...

om_bayu sdh punya tatto mesin_ATM beLom?, seLain karya seni itu juga bisa Lbh bermanfaat Lg tuh. heheehehe.
ojo nesu yo....

Abdul Malyk mengatakan...

wah..ono sing donald kejepit barang to??
endi bang bayu??hahaha..
lucu2 tattone,,

aisyah muna mengatakan...

waduh pak..tattonya banyak amir..
hehehe..kok saya kasihan sama kulitnya ya...


^__^

Vienka.com mengatakan...

walang kurang banyak itu mas bay tatto nya wkwkwkwk

penghuni60 mengatakan...

ada gak ya yg kasih tatoo di hidung... hehe...
:)
slm knl mas, kunjungan pertama disini

van mengatakan...

wuihh,,pcinta krtun neh,,dessy duck dilengan kiri,goofy di kanan,batman dipunggung,,and donald dipantak,hehehe
malah jadi penasarany yg ada dibelahannya,,wkkwkw

Rahad 2 Six mengatakan...

tato donald duck nya mana bung?kok enggak ditampilin?jadi penasaran nih gw...
hahahhaha

David Usman mengatakan...

tatonya keren bung, menandakan cinta ayah bunda... tapi, tuh tatoo yang ada tulisannya si... siapa tuh cewe yang duluuuu... (sstt... jgn ampe ketauan istri bung...)

www.karduskubus.com mengatakan...

apik kang,jos....
tatto ki lebih identik nang seni yo.

dulu pernah nato temporer gambar garpu-sendok (lambang rumah makan),konangan mbokQ langsung di wejangi tiada henti.wkwkwk
saiki tinggal tatto emping (panu).haha

antaresa mengatakan...

loh yang donal kejepit itu siapa yang buatin mas?

dibayar berapa orangnya? sambil nungging toh

masterGOmaster mengatakan...

tattonya bagus bagus bung buat dimana neh..dibali ya @! lucu dan berseni tinggi. sakit kayaknya kalo lg dibuatnya

Lina Marliana mengatakan...

Wowww... metal banget nih mas bayu, tubuhnya penuh dengan tatto.. dibagian mana lagi tuh tattonya yg belum di photo ?? xixixiiii...

gak mutu mengatakan...

tahun 2010 ini apa gak pingin tambah tatto baru lagi dibagian depan ...
kan asyik thu disney pindah ke tubuh ... bagian belakang gambar donald bagian depan gambar pluto ....

attayaya mengatakan...

majalah Tempo baru2 ini juga mengetengahkan tentang tatto tradisional Indonesia seperti di daerah kalimantan, dll.
ga sempet baca abis...
udah ngantuk duluan.

kalo lagi ngantuk gitu, apa bisa di tatto juga yo bung?

Sea word mengatakan...

bisa pek menu name/url to? aku coba aja dulu. terus tato sampeyan gufi? luvcu banget. serem...
profesi yang terkenal kayak sampeyan, mas bayu lebond biasanya seniman atau wiraswasta. kan di PNS biasanya dilarang.

lordryzack mengatakan...

Tattonya unik, gak aneh klo anak kecil minta foto bareng :D

Seiri Hanako mengatakan...

hahhaha
tat yang melutuhkan kesan sangar_mu, mas..
tapi lucu juga

Ega-Priatma mengatakan...

keren banget tattonya

KucingTengil mengatakan...

Wew... mau nyaingin Tora sudiro ya hahahhaa

Kalo Mia sih, lbh suka tato temporer yg mudah dihapus daripada tato permanen. Soalnya kalo permanen harus dilaser buat ngilanginnya. Mahal boooo... soalnya, kalo udah tua nanti, kan kulitnya keriputan tuh, kan jelek banget. Apalagi ntar kalo dah jadi nenek2 masa tatoan. Apa kata dunia eh cucu hahahaha

Mas Ben mengatakan...

Yah isih kalah rapet sama Tora, Mas.
Nek saya paling suka Tatou, itu lho si Audrey Tatou cewek bintang filem Prancis yang uayu banget hehehe

Salam bentoelisan
Mas Ben

Ronney mengatakan...

Yupz tatoo memang seni yg indah, sayang gw belum berani tatoo permanent, pengaruh ke pekerjaan biasanya

pakdesulas mengatakan...

setiap orang punya pandangan sendiri tentang tattoo, kebetulan dikeluarga tidak ada yang suka dengan tattoo

yang banyak adalah pnya andeng andeng ( tahi lalat) he he he...

aktifis sandal jepit mengatakan...

tattomu sing donal kejepit kelek ngisor endi kang?mbok di posting.wkwkwk

aan mengatakan...

Sy lagi ngebayangin tato yang donald duck itu bung,,huaaaahahaha

agung ap mengatakan...

Makasi infonya
tp saya gak suka pke tatto

Kang Sugeng mengatakan...

saya dulu juga pernah punya tatoo pohon beringin..... tapi sekarangudah luntur dan tinggal akarnya doank..... nih.. di ketiak.... hahahahaha.....

fauzan upz mengatakan...

tatonya banyak sekali bung.. kawansaya juga bertato.. pengalaman hdupnya juga banyak.. keren

jun mengatakan...

tatonya pasti punya arti ;)

Bayu Lebond mengatakan...

@4852376009210891087.0
testing

GADO GADO mengatakan...

kalau menurut saya tattoo itu adalah seni, Seni adalah ungkapan, dan ungkapan adalah perasaan. Jadi setiap tattoo memiliki arti dan maknanya sendiri bung. Banyak sih orang yang berpandangan sebelah mata tentang tattoo..

verifikasi kata : mates

GADO GADO mengatakan...

@4852376009210891087.0
Apalagi kalau gambar spongebob.. hehe

castello mengatakan...

Salam Kenal :) :-
Irwan Kurniawan
BlogDetik
BlogUnand

Steve mengatakan...

weeeediiiiiiiaaaaannn..... wkwkwkwkwk
mesti tattoo ne ning belahan (maaf) kuwi medheni...wkwkwkwkwk

nice share!!!

QSEW mengatakan...

ahahahaha...
aku kok penasaran karo tatto sing ning belahan (maaf) kuwi....
mesti imut imut ya mas bayu ya ;)
wkwkwkwk ;)

memoireaja mengatakan...

Desain yang lagi di gemari saat ini dan semakin banyak di pakai oleh para maniak tato, Tato tribal adalah tato Polinesia yang mempunyai berbagai arti dan makna seperti peringkat, prestasi, status tinggi.dari Desain Tato Tribal itu sendiri .