...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Senin, 22 Maret 2010

Pandu

Prabu Pandu Dewonoto
Kelahiran PANDOWO yg dalem postingan gw yg lalu, yg penuh kontroversi ternyata emang udah keturunan dari bapaknya lho bung. pandowo yg mana lahir dari beberapa bethoro/dewa ternyata begitu pula bapaknya Prabu Pandu Dewonotho sang Ayah dari para kesatria yg bergelar Pandowo adalah anak dari Prabu Wicitrawirya yg mati sebelum sempet punya anak...lah berarti bung Pandu anak siapa dunk...

Wicitrawirya adalah kakek dari Pandowo lahir sebagai anak bontot dari pasangan Prabu Santanu dengan Dewi Satyawati. Bung Wicitrawirya punya kakak kandung  bernama Citrānggada yg mati di usia muda dalam suatu pertempuran n belum punya anak juga, Serta mempunyai kakak tiri satu ayah lain ibu yg bernama Bisma dari ibu Dewi Gangga yg juga kagak punya anak karena telah bersumpah kepada ibu tirinya Dewi Satyawati, tuk nggak akan meried seumur hidup n gak bakal menjadi raja menggantikan bung sentanu sebagai raja.

Karena bung Wicitrawirya masih muda untuk jadi raja menggantikan ayahnya, maka doi dibantu oleh saudara tirinya, Bisma. Ketika sudah cukup usia baginya untuk menikah, Bisma memilih calon pengantin yang tepat untuknya (mungkin bung Wicitrawirya kurang gaul n gak banyak kenal ama cewek-cewek ato doi gak bikin akun FB sehingga jodoh aja musti dicariin olang lain). Kemudian bung Bisma pergi ke Kerajaan Kasi n memenangkan sayembara yang diselenggarakan di sana. Ia membawa tiga putri Raja yang akan dipersembahkan kepada adiknya, Wicitrawirya. Ketiga putri tersebut bernama Amba, Ambika, dan Ambalika. Namun Amba tidak ingin menikah dengan Wicitrawirya karena cintanya tertuju kepada orang lain (ini juga membuahkan konflik hingga menyebabkan kematian bisma), maka hanya Ambika dan Ambalika yang menikahi Wicitrawirya.

Tak lama kemudian setelah pernikahannya, bung Wicitrawirya wafat karena mengidap penyakit paru-paru mungkin kebanyakan ngerokok. Ia meninggal tanpa keturunan. Kedua janda bung Wicitrawirya akan dinikahkan kepada bung Bisma agar memiliki keturunan, namun ia menolak untuk menikah dan menolak untuk memiliki keturunan karena terikat terhadap sumpahnya.

Akhirnya kedua janda tersebut diserahkan kepada Resi Abyasa yg berwajah nggilani alias menjijikkan tkrn abis melakukan tapa brata karena ia mampu memberikan putra kepada kedua janda tersebut dan masih memiliki hubungan kekeluargaan dengan para Raja Hastinapura. Kedua janda bung Wicitrawirya — Ambika dan Ambalika — akan menyelenggarakan upacara Putrotpadana untuk memohon anak, dan upacara tersebut dipimpin oleh Resi Abyasa. Sebelumnya, Abyasa menyuruh agar kedua janda tersebut mendatanginya sendirian untuk melakukan ritual suci tersebut karena resi byasa gak suka maen smekdon bertiga.

Pertama Ambika datang. Namun karena ia takut melihat wajah sang resi yg nggilani, maka selama proses ritual ia menutup matanya anaknya terlahir buta. Anak tersebut diberi nama Drestarastra yg bakal menjadi pakak dari para KUROWO. Kemudian Ambalika datang. Namun karena ia takut, maka selama proses ritual wajahnya pucat maka anaknya terlahir dengan muka pucat sebagai penderita anemia dan tidak cukup sehat untuk memerintah kerajaan. Anak tersebut diberi nama Pandu. Atas permohonan Dewi Satyawati neneknya bung Pandu, Resi Abyasa disuruh melakukan ritual smekdon lagi. Namun Ambika dan Ambalika ogah dismekdon lagi ama resi Abyasa karena merasa jijik oleh sosok sang resi maka mereka menyuruh salah satu dari pelayannya untuk menggantikan mereka. Pelayan tersebut sangat tenang pada saat proses ritual dengan mematikan lampu biar ruangan gelap n resi nggak tau kalo yg dismekdon adalah dayang kerajaan bukannya putri tersebut. setelah selesai melakukan ritual sang dayang terburu-buru meninggalkan ruangan yg gelap maka doi kesandung hingga jatuh maka anak dilahirkan tidak cacat, cuma pincang sedikit. Anak tersebut kemudian diberi nama Widura.

Nah gitu deh...jadi ternyata bung Pandu sang Ayah dari para ksatria Pandowo juga merupakan hasil hubungan antar resi Abyasa bukan dari bung Wicitrawirya.ketiga tokoh tadi (bung Destarata, bung Pandu n bung Widuro) adalah tokoh penting dalam kisah MAHABARATA. tp sepenting apapun peran mereka bertiga tetep aja kagak bisa mbantuin nyari korek api gw yg ilang...

37 komentar:

Rock mengatakan...

Pertamaxxx kah daku???

Rock mengatakan...

Wahhh.. aku ga mudeng wayang e bung... salam buat bung pandu wae lah...

kang tejo mengatakan...

waduh aku g mudeng pisan masalah pandowo mas bayu..
ruwet silsilahe...wes salam ae kanggo seng gawe cerita mahabarata heheh

ataaa mengatakan...

hahahaha ga ngerti, tapi yang aku tangkep ini tuh kaya jogjanesse ya #sotoy

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

kalo dilihat dari struktur tubuh bung pandu,koyone podo aku (gering).tp sayange gak kriting.hahaha

wadah untuk berbagi informasi mengatakan...

jd kelingan anake pak guruku yang namanya pandu,waktu hilang waktu camping nang kali urang mbiyen...

Dimas mengatakan...

karena aku bukan orang jawa, jadi ga terlalu ngerti pewayangan nih...
pernah denger2 dikit2 aja...
ya lumayan tambah ilmu disini hehe...

phonank mengatakan...

Ternyata sebelum kelahiran Pandu dan widura, ada kontroversi yang terlebih dahulu terjadi. Yang berakibat berimbas pada saat dia lahir,,

wehwehweh...

yang bener saja, masa' karena dalam proses ritual wajah tampak pucat, malah berimbas ke anaknya si pandu,,

dan begitupun dengan widura, yang disebabkan ibunya jatuh.. jadi pincang..

^_^
Hahaha...
Untung ibunya phonank gak knp2 pas lagi mengandung,, hehe

megi mengatakan...

diakhiri dengan cerita yg tragis...
"korek api gw ilang...." kwkwkw

http://popyALY.blogspot.com. mengatakan...

hayah saya g tau emang aliran nya ap??adk km anak mana??d solo tgal dmana??

vie mengatakan...

Penjelasan nya cukup detail, tapi kok aku g maksud ya????

Darin mengatakan...

tumben saiki agak serius bond.. tapi sitik2 rada mudheng lah piye jeroane kui pandawa :D
lanjut golek korek meneh!

akhatam mengatakan...

Wah Wayang yaw?? Keren dah!!

http://popyALY.blogspot.com. mengatakan...

YA KUMPULIN DL AJ BUNG....MAU CEPET DIJUAL NE....BYAK PERLU...HEHHEHE
ATURAN ADA UNTUK DILANGGAR....

Ngeposting ni yee mengatakan...

wah ada sAmbungannya lagi ya sOb..
izin bAca sObat..

wang mengatakan...

kq gax bwat silsilah keluarga sisan bang

Abdul Malyk mengatakan...

walah2..ruwet juga ternyata..
aku malah ora ngerti opo2 bab wayang..
hehehe..
ngene2 ngakune wong jowo..ckck..

KucingTengil mengatakan...

jadi ingat film mahabrata tapi buatan indianya :D

Rizky2009 mengatakan...

pengetahuan mas bayu dalam dunia pewayangan aq akuin bagus bgt.... napa g jadi dalang aja mas he... he....

Dunia Download mengatakan...

mas link kamu udh nongkrong di blog aq, di nomor 4 ya mas.
ditunggu backlinkmya ya mas.

ata mengatakan...

wah komik yang kamu pesan ga ada soalnya aku pribadi ga begitu hobi baca komik hihii suka tokoh pewayangan yaa?

NegeriAds Solusi Berpromosi mengatakan...

saya masih berharap filem kisah maha brata di putar lagi di bali TV..,

kangennonton film Mahabarata...

Salam Kenal dan salam hangat dari blogger Bali

Bunglon Blog mengatakan...

waha ini kalo cerita sama ibuku pasti nyambung banget bung haha...
bisa di dalangi sekalian nantinya
sukses bung!

fansbook mengatakan...

hikikikiki... gaya bahasanya saya suka banget... sukses selalu.. oh ya ikut2 titip salam buat bung pandunya

baburinix! mengatakan...

wah saya baru tahu nih sob

pakde sulas mengatakan...

ini berarti pandu dan saudara daranya adalah hasil nikah siri atau perselingkuhan ?

sebenarnya tidak penting hasil nikah siri atau perselingkuhan yang pasti mereka adalah gambaran nyata atau sindirin terhadap tingkah polah manusia atas "kemaruknya" terhadap harta ,tahta dan wanita (pria)

Seputar-Internet mengatakan...

pewayangan ya??? gaya bahasanya bagus juga nih, jadi teringat film wayang apa yaa??? saya lupa..hehehehe...

Negeriads.com solusi berpromosi mengatakan...

ruwet kisahnya sob

aktifis sandal jebit mengatakan...

gonjang-ganjing langit kelap-kelap...

aku dulu jane hobi nonton wayang,tapi mung main puteran.hahaha
jane

attayaya mengatakan...

kalo ini dibuatin novel bisa ga bung
diceritain tentang perebutan anu...
korek api

masterGOmaster mengatakan...

boleh juga nih cerita pewayangannya dan kayaknya aku baru tahu vcerita ini, tetap semangat dan terus berkarya

Ngeposting ni yee mengatakan...

bLAckwaLking sObAt,,.,,,

Steve mengatakan...

sering sering nggawe topik wayang mas, ben ra diakon-akoni maneh karo malaysia!!!

♫ MUSIC SHARE ♫ mengatakan...

halah...
moco serius serius kok jadi urusan korek gue yang ilang...
wkwkwkwkwkwkwk... kocak poollll bungPANDUne

SMARTPHONES mengatakan...

wah iki tenanan nyeritake PANDU apa korek api sih mas?
:=))

Erwin mengatakan...

enak juga ya jadi dayang2 itu...
eeh, korekku juga ilang, piye tho, mas PANDU kamu yang ndelek ke yaa....

QSEW mengatakan...

seru nih mbaca nya...

tapi adakah hubungan antara mas pandu dengan paklik korek api....wkwkwk