...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Senin, 22 November 2010

Jasamu Tiada Tara...

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku
Tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Tanpa tanda jasa


GURU diambil dari bahasa sangsekerta yg berarti "BERAT"...what...
Secara...Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik atau murid.

Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru-guru seperti ini harus mempunyai semacam kualifikasi formal. Dalam definisi yang lebih luas, setiap orang yang mengajarkan suatu hal yang baru dapat juga dianggap seorang guru. Beberapa istilah yang juga menggambarkan peran guru, antara lain:
  • Dosen
  • Mentor
  • Tentor
  • Tutor
  • Ustad
nah...kalo dalam bahasa sanngsekerta Guru berarti BERAT, bisa dimengerti juga sih bung...bayangin aja...kalo kita ngajarin anak ato adik kita aja susahnya minta ampun. apa  lagi beliau ngajarin begitu banyak murid dari anaknya orang banyak...gak pecah tuh kepala...belum lagi begitu pulang beliau dah dihadapi oleh problem rumah tangga mereka. anaknya minta jajan, istrinya iri ngeliat tetangga punya barang baru, suaminya minta smekdon tiap hari, musti meriksa hasil ulangan, musti nyiapin bahan pelajaran besoknya...berat gak tuh.

Dalam bahasa jawa GURU diartikan "diGUgu lan ditiRU" itu kamsutnya bahwa tingkah laku seorang guru pasti ditiru ama anak didiknya. mangkannya ada pepalah mengatakan "guru kencing berdiri murid kencing berlari"...oh sungguh berat beban yang mereka pikul.

Dengan beban seberat itu tapi pendapatan yg mereka peroleh tak sebanding (itu dulu) mangkanya banyak guru yg juga melakoni profesi sampingan seperti jadi pemulung, tukang parkir, nerima les prifat dan lain-lain guna memenuhi biaya kehidupan mereka. 

Bung Falls pun sedikit nyentil di salah satu lirik lagunya :

Oemar Bakri... Oemar Bakri pegawai negeri
Oemar Bakri... Oemar Bakri 40 tahun mengabdi
Jadi guru jujur berbakti memang makan hati
Oemar Bakri... Oemar Bakri banyak ciptakan menteri
Oemar Bakri... Profesor dokter insinyur pun jadi
Tapi mengapa gaji guru Oemar Bakri seperti dikebiri
Oemar Bakri... Oemar Bakri pegawai negeri
Oemar Bakri... Oemar Bakri 40 tahun mengabdi
Jadi guru jujur berbakti memang makan hati
Oemar Bakri... Oemar Bakri banyak ciptakan menteri
Oemar Bakri... Bikin otak orang seperti otak Habibie
Tapi mengapa gaji guru Oemar Bakri seperti dikebiri

yah itulah kondisi guru disini...tp masih banyak koq guru yg berprestasi...guru yg dengan niat tulusnya untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa ini. dalam belantara hutan mereka menembus pulihan kilo buat bisa mengajarkan anak didiknya sebuah ilmu pengerahuan...bravo buat guru semacam itu.

pokoknya gak ada guru kita bisa apa...

Kita jadi bisa menulis dan membaca karena siapa
Kita jadi tau beraneka bidang ilmu dari siapa
Kita jadi pintar dididik pak guru
Kita bisa pandai dibimbing bu guru
Gurulah pelita penerang dalam gulita
Jasamu tiada tara.......

"SELAMAT HARI GURU"

Tanpa guru kita gak bisa baca, gak bisa nulis, gak bisa ngeblog, gak bisa pesbukan, gak bisa buka camfrog, gak bisa donlot pidionya jeng luna, gak bisa nonton pertandingan tenis di bali, gak bisa jadi mafia pajak, gak bisa presiden yg suka curhat, gak bisa jadi anggota dewan yg demen plesiran, gak bisa jadi ketua PSSI yg dipenjara, gak bisa jadi TKW yg dianiyaya dan yg pasti gak bisa nyari korek api gw yg ilang...

18 komentar:

Wawank mengatakan...

Hidup guru..!

gayuh mengatakan...

guru pahlawan tanpa tanda jasa.. tanda jasa tanpa pahlawan eh kebalik ya... maturnuwun banget buat bapak ibu guru

Prof mengatakan...

Aku punya guru, banyak malah, tapi belum ada yang ngajarin camfrog-an bung!

Rizky2009 mengatakan...

baca postingan mas bay tentang guru jd inget sama waktu SMA dulu, aq dan empat teman q menghajar guru BP di area perkebunan tebu, waktu itu sengaja g masuk, nah pas guru aq pulang, kami berhentikan, motarnya kami delesepne di tanaman tebu kemudian rame2 kami menghajarnya, sampai akhir seminggu guru g masuk, besoknya dengan bangganya kami bercerita ke temen2 sekelas, tp guru g ada yang tahu kalai kami yang menghajarnya, dan dengan tanpa merasa bersalah, pas guru aq dah bisa kembali mengajar lagi, kami tanya kemana pak seminggu g ngajar, guru saya menjabab ada tugas luar kota, padahl aq melihat ada bekas kehitaman dimukanya abis dikeroyok rame2, kalau inget akan hal itu, nyesel rasanya padahal beliau kelewat sabat, meskipun mengghadapi kelas saya yang rata2 muridnya kelewat bandel

Media Online News mengatakan...

selamat hari guru....

Rock mengatakan...

matur nuwun buat bapak & ibu guru, tp sing galak2 ora matur nuwun....

harto mengatakan...

Terima kasih Guru...

Terima kasihku... kuucapkan
Pada guruku yang tulus
Ilmu yang berguna... slalu dilimpahkan
Untuk bekalku nanti...

Setiap hariku... dibimbingnya
Agar tumbuhlah bakatku
Kan kuingat selalu... nasihat guruku
Terima kasihku ucapkan.......

Trims Mas Bayu sudah mengingatkan, semoga sukses selalu n tetap semangat..... korek apinya ada di saya niiih, saya pinjam duluuuu....

Tym123 mengatakan...

A great post all teacher..

anax kolonx mengatakan...

teringat ama guru seniku waktu SMA yg galak dan g nyambung waktu ngajar...otoriter....g mutu lah...
terakhir dnger2 dya dpenjara, entah kenapa, entah bner entah enggak...

Indonesia Siap Bersaing di SERP mengatakan...

wah bener bung kata orang jawa guru iku di gugu dan ditiru, didengar hal baik yang disampaikannya dan ditiru sebagai teladan. kiro² gitu ya bung he...

attayaya mobil keluarga mengatakan...

SELAMAT HARI GURU
selamat hari bung bayu

pakde sulas mengatakan...

pakde kagak tahu kalo ada hari GURU

mungkin pakde ini ibarat calon buah yang kagak jadi, iya begitulah karena pakdu dulu menuntut ilmu di IKIP eh...lah kok malah jadi kuli di pergudangan he he he..

Joddie mengatakan...

Hoho.. betul sekali, Bung! dan aku gak ngerti kalo ada hari guru.. hiks.. murid durhaka.. :D
yaah, semoga guru2 di Indonesia benar2 bisa menjadi "GURU" ..di gugu lan ditiru.. ^^ mantaaap..

AkaneD'SiLa mengatakan...

aku suka lagunya iwan fals yang oemar bakri itu
:D

shorofalquran mengatakan...

gan jadi guru gampang2 susah. follow blogwalking

pointblank mengatakan...

hi there! can we exchange links?

financecashflow mengatakan...

semoga guru2 di Indonesia benar2 bisa menjadi "GURU" ..di gugu lan ditiru.. ^^ mantaaap..

online review mengatakan...

maturnuwun banget buat bapak ibu guru