...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Selasa, 23 Februari 2010

TAG koq BUKU mbok DUIT...

BUKU...kata orang sih gudangnya ilmu n jendela dunia. dari buku kita bisa dapet segudang ilmu n bisa tau bagai menjelajah dunia tanpa harus meninggalkan kamar tidur. ada ungkapan lama "kalo kita pengen tau kepribadian orang, maka lihatlah apa yang dia baca".

katanya sih buku awalnya dibikin ama orang mesir yg nyiptain kertas pada awal tahun 2400 SM, tp ada juga yg ngeklaim kalo buku udah ada sejak jaman Budha n gak sedikit yg bilang buku itu dari china...walah maleh mbingungke yo....
Dulu, buku itu bentuknya gak musti jilitan kertas sam...di China pake anyaman bambu, itu mempengaruhi cara penulisan sampai saat ini dimana bangsa China menulisnya secara vertikal atau dari atas kebawah tidak seperti penulisan buku pada umumnya. Bangsa arab yg nulisnya di selembar kulit hewan. atau bangsa asia timur yg make daun lontar.

Buku yg dibentuk dari kertas baru ada setelah China berhasil menciptakan kertas pada tahun 200-an SM dari bahan dasar bambu di ditemukan oleh Tsailun. Pedagang muslim membawa teknologi penciptaan kertas dari China ke Eropa pada awal abad 11 Masehi.

Pecinta buku biasanya dijuluki sebagai seorang bibliofil atau kutu buku bukan kutu loncat apalagi kutu rambut yg paling gw takutin.

nah nih gw kena tag tentang buku...
kita yang diberi tag harus membagi / share buku-buku apa saja yang pernah dan sampai saat ini masih jadi referensi kita. Baik buku-buku lama (kalo ingat tentunya) maupun buku yang baru-baru ini masih kita baca, dan satu lagi adalah kita diharapkan untuk mencantumkan link dari si pemberi tag buku tersebut, karena dengan kepercayaan tag tersebut, kita layak memberikan apresiasi berupa baclink kepada si pemberi tag. Dan sekaligus membangun backlink untuk perbaikan SERP kita kedepannya
begitu seh syaratnya ...tugas ini gw sebenernya dapet dari beberapa sedulur gw...hiks...hiks...hiks...tp gw lupa siapa ajah...yg paling baru gw kena tugas ini dari "KITARO" n 100 ABC serta masih banyak lagi...mohon maaf sedulur ku yg udah ngetag gw mohon konfirmasi lagi dunk...biar namanya gw link di posting ini...a river againt...sekali lagi...AKU MOHON MAAF YANG SEBESAR-BESARNYA.

karena gw juga hobby baca...tp gw gak suka ama bacaan yg berat-berat, takut nggak kuat otaknya. so gw suka ama bacaan yg berbau fantasi...inilah daftar bacaan gw jaman bahelak...krn sekarang udah susah cari bukunya...eng...ing...eng...ini dia...

1. MEREBUT KOTA PERJUANGAN "SERANGAN UMUM / SERANGAN FAJAR"

Komik dari duet Wid NS dan Hasmi atas pesanan langsung Presiden Soeharto dan Sri Sultan HamengkuBuwono IX. Kedua tokoh tsb. juga muncul dalam komik ini, selain Bung Karno, Bung Hatta, Jend. Soedirman dan tokoh-tokoh pejuang Kemerdekaan Indonesia lainnya.

Wid NS (Yogya,1938-26 Desember 2003), adalah nama samaran komikus Indonesia, Wida Nara Soma. Ia adalah pencipta tokoh komik Godam. Komik Godam diciptakan oleh Wid NS dalam kurun waktu 1969-1980 sebanyak 15 judul. Komik Godam terakhir yang seharusnya menjadi komik ke 16 yang berjudul "Ujian Buat Awang" belum terselesaikan karena kesehatan yang terganggu sampai beliau meninggal tahun 2003.

Hasmi atau nama asli Harya Suryaminata adalah salah satu komikus dan penulis skenario terkenal di Indonesia. Karyanya yang dikenal adalah Gundala Putra Petir, seorang tokoh dalam komik Indonesia. Sebanyak 23 judul buku seri Gundala terbit antara 1969-1982.



Terbit pada 3 januari 1985.
Tebal 59 halaman plus.
Jilid utuh, halaman lengkap.

waktu gw SMP buku ini adalah buku wajib beli...jaman dulu masih berlaku yg namanya keharusan beli buku...n ajaibnya gw masih nyimpen neh buku dalam kondisi bagus.

2. KOMIK MAHABARATA karya R.A. KOSASIH

komik ajaib ini dikarang oleh R.A. KOSASIH...bukan Raden Ajeng lho...yg beliau sadur dari versi aslinya dari india. jd jgn harap elu bakal nemuin para PUNAKAWAN (Semar, Gareng, Petruk n Bagong) dikomik ini.

Mbah Kosasih lahir di Bondongan, Bogor tahun 1919. Hobinya pada komik mulai berkembang waktu dia menikmati komik Tarzan di pembungkus belanjaan ibunya yang berupa potongan-potongan koran. Waktu sekolah di Hollandsc Inlands School (HIS) Pasundan, minat menggambarnya semakin tinggi karena ilustrasi gambar di buku pelajaran bikinan Belanda bagus-bagus.

Sementara ketertarikannya pada dunia wayang mulai nampak waktu dia lulus HIS tapi ndak dilanjutkan. Pak Kosasih ndak pernah melewatkan pertunjukan wayang golek, terutama yang lakonnya Arjuna, Bima atau Gatotkaca. Tapi pengetahuannya tentang wayang nggak sebatas 3 tokoh tadi. Hampir semua cerita wayang dia hafal.

Komik wayang pertamanya adalah Mundinglaya Dikusuma dan Ganesha Bangun. Tapi komik wayangnya yang paling sukses adalah Burisrawa Gandrung dan Burisrawa Merindukan Bulan. Sampai akhirnya Mbah Kosasih berkunjung ke Perpustakaan Bogor, suatu hari. Di sana, beliau menghabiskan waktu dengan membaca Bhagawat Gita terbitan Balai Pustaka. Dengan bantuan dari penerbit Melodi, maka lahirlah komik Mahabharata dan Ramayana yang sensasional itu.



Dalam sebulan, komik ini laku 30.000 eksemplar. Pak Kosasih ndak tertandingi lagi sebagai komikus, walaupun komikus lain berusaha mengikuti jejaknya. Karena suksesnya, dua komik ini selalu dicetak ulang, walaupun ndak meraih kesuksesan yang sama seperti pertama kali diterbitkannya.

salah satu kehebatannya komik ini adalah dilukis dengan tangan pake kuas n tinta china dengan warna cuma item putih kayak tv gw dulu.

Terakhir, komik Mahabharata dan Ramayana dicetak ulang oleh Elex Media Komputindo.

3. DENNY MANUSIA IKAN

Deni Manusia Ikan (judul asli: Fishboy: Denizen of the Deep) adalah komik Buster antara 1968 dan 1975, ditulis oleh Scott Goodall dan digambar oleh John Stokes dan lain-lain. hitam putih yang diterbitkan pertama kali di buku

Tokoh utamanya adalah seorang anak laki-laki yang terdampar di sebuah pulau dan belajar untuk bernapas di bawah air dan berbicara dengan makhluk-makhluk air. Ia juga memiliki insang dan tangan kaki berselaput sehingga dapat berenang dengan cepat. Tujuan hidupnya adalah mencari orangtuanya dan membantu orang yang kesusahan. lagian iseng banget sih ortunya ninggalin si denny ini dilaut sendirian

Di Indonesia, komik ini diterbitkan pertama kali sebagai komik berseri di majalah anak-anak Bobo, kemudian diterbitkan sebagai buku komik oleh Gramedia.

4. KOMIK PET-GAR TATANG S.

Kemasannya komiknya sederhana banget. Cuma beberapa halaman dari kertas buram, dan ceritanya kocak. Yang paling banyak biasanya soal hantu, dari pocong, wewe gombel, sampai genderuwo.

Tatang S. Tatang S. atau bernama lengkap Tatang Suhenra sudah kadung populer dengan komik Gareng-Petruknya. Komik Petruk-Gareng bikinan Tatang S. ini benar-benar jadi hits di era 80-an. Keunikan karakter dan kesederhanaan cerita yang dibawakan juga menjadi nilai plus Tatang dengan Petruk dan Gareng.

Ciri Khas Tokoh Gareng-Petruk Dengan tema cerita yang beragam dan sederhana, mulai dari soal pekerjaan, pacar, korupsi, uang, sampai horor, komik Petruk-Gareng karya Tatang memang unik. Petruk dan Gareng sendiri  menggambarkan ciri orang pinggiran kota, punya impian, harapan, sekaligus kesialan rakyat kecil yang tergilas oleh pembangunan yang kejam. Petruk-Gareng sering diceritakan sebagai pengangguran, kerja serabutan, suka utang, dan rajin memancing ikan untuk mengisi waktu luang. Meski selalu `tong-pes`, mereka adalah anak muda yang menantikan malam minggu untuk `ngapel` pacar-pacar mereka; fashionable, perayu ulung, dan cinta tanah air. Karena rajin meronda setiap malamnya walau sering diganggu makhluk halus—bagian ini kemudian kerap menjadi ide utama cerita tersendiri komik Petruk-Gareng.

Teknik gambar dengan goresan dan siluet hitam-putih nan sederhana, ditingkah cerita dan banyolan norak khas jamannya, justru menjadi ketagihan tersendiri setiap menikmati komik Petruk-Gareng. Selain itu, layaknya seniman yang bertanggung jawab dengan karyanya, Tatang selalu muncul dengan petuah bijak yang diutarakan lewat tokoh-tokohnya. Petuah Tatang sangat positif untuk siapapun, dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena dikemas dalam cerita sederhana dan keseharian (cerita yang dekat dengan pembaca), petuah itu tidak terkesan menggurui.

Ciri khas lainnya, Tatang rajin mengirim salam untuk seseorang melalui komik-komiknya. Hmm, untuk kebiasaan yang satu ini, nyatanya cukup populer di era kejayaan komik kita (kirim-kirim salam). Selain salam-salam itu, Tatang juga punya ungkapan khas yang menjadi trade mark-nya dan selalu muncul di komik Petruk-Gareng-nya, yaitu "Salam manis tak akan habis, salam sayang tak akan hilang buat semua pencinta karya saya". Sungguh seniman besar...SALUUUT

5. NOVEL STENSIL ANNY ARROW

wkwkwkwkwk...pasti kawula muda angkatan gw tau neh novel stensilan atau Enny Arrow, yang biasa dijajakan secara sembunyi-sembunyi di antara para pedagang koran, kios-kios buku bekas atau lapak-lapak buku kaki lima. Ada banyak nama pengarang yang dikenal menyuguhkan cerita-cerita dewasa tersebut namun yang paling terkenal adalah Enny Arrow.
Sopo kiwi Enny Arrow? kagak ada yang tahu siapa sebenarnya yg punya  nama itu. Yang jelas Enny Arrow hanyalah sebuah nama samaran, sebelum kemudian banyak pengarang-pengarang lain yang kemudian menjadi epigonnya dengan ikut-ikutan menggunakan nama tersebut demi mendongkrak ‘rating’.


Novel-novel karangan Enny Arrow memang begitu vulgar dan hanya mengekspos segala kebinalan seks secara terang-terangan yg terlalu banyak kata ...SSSSSSSTTTTTSSS... atau ... aaaaaaaagggggghhhhhhfff. 
Sudah tentu novel-novel Enny Arrow tidak mempunyai tema atau jalan cerita yang jelas, karena memang penulisan novel stensilan ini tentunya memang dimaksudkan hanya untuk menggugah syahwat pembacanya.


Penggemarnya tidak hanya anak-anak SMP atau SMA yang memang secara alamiah mempunyai rasa penasaran yang tinggi tentang seks, namun juga di kalangan dewasa tanpa terkecuali. Hayoooo...ngakuuuu..pasti pernah baca novel ber aaaaaaaaauuuhhhhhhhhhhggggg ini kan?...wkwkwkwkkwkwkwk....yg pasti setiap kita punya buku ini pasti nggak berumur panjang. alasannya sederhana kalo nggak dipinjem temen dari tangan ketangan, kalo nggak ke gep ama guru atau ortu...kalo nggak lecek pada sobek keseringan dibaca....wkwkwkwkw


meski diedarkan secara underground, namun novel-novel Enny Arrow ternyata sangat populer. Sebuah survei yang dilakukan majalah "Men's Health” edisi Indonesia pada tahun 2003 pernah mengungkapkan, membaca karya Enny Arrow/stensilan menjadi sumber pertama pengetahuan tentang seks pada 17,2 % respondennya.

itulah sedulur semuanya...cukup sekian dulu ulasan dari gw tentang buku yg gw inget n membekas dihati walau tk kumiliki. seperti korek api gw yg selalu ku miliki walau tak sampai kehati...asemtenan ilang meneh...

34 komentar:

eNKa mengatakan...

mas. buku yg no 1 aq masih nyimpen tuh ada di mojosongo di bufet atas tv.

212 mengatakan...

ENNY ARROW? itu sama dengan NICK CARTER bukan sam

Rock mengatakan...

Wahhh... curang iki...

Pertamax e di amanke dewe iq... hahaha...

Asemtenanikkk...

LL mengatakan...

Lha koq bacaannya komik semua sam??? hahaha...

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

ke-SEKIAN.......

bukju nomer satu,ketoke apik kwi...

info dalam kubus mengatakan...

buku2 langka,dengan kisah2 klasik...
seneng aku kwi..

GADO GADO mengatakan...

wah.. bukunya jadul semua.. wkwkwk.. sekarang ada-ada aja nih tagnya.. siapa sih yang buat?? haha..

huhu.. kapan ya pertamaxx....

☼►100ABC blog☼◄ mengatakan...

Lha dalah aku juga ngasih sampean "tag buku" juga lho Sam...
baca disini TAG BUKU buat Bayu Lebond.

koq onok anny arrow ya...? wekekekek.
Masa masa awal pubertas, tapi kalo sekarang nyarinya lebih ke online ya Sam?

Prie mengatakan...

buku ke-3 : jadi inget kenangan masa kecil ....

Alrezamittariq mengatakan...

jiaaa...yang nomor 5 bener2 dah...hiahiahiahiaa

gayuh mengatakan...

aku ngefans ma novel ah ih uh eh... itu mas.. aku juga ngefans ma kutu rambutnya hehehe

aan mengatakan...

yang no 5,,sama sam eh mas,,hehe

aisyah muna mengatakan...

hehehe..nanti kalo tag duit..daftar deh..yg pertama..hohohoho..
=p

Kintaro kazami mengatakan...

wah bacaane cah enom tenan pada masanya sam :D

tapi yang terakhir bkin pensaran tu sam, soalnya lom prnah lait yagn kek gitu wkwkkwkwkwkk

U-marr mengatakan...

wah kbanyakan bukunya komik ya,,
tp komiknya keliatannya seru nih...??
jd pengen baca.. :D

bonk ava mengatakan...

wah jadul semua kaleksinya!

Abi Sabila mengatakan...

komik petruk gareng, iya benar jadi inget masa keacil dulu suka beli komik ini di pedagang keliling terutama kalo lagi ada hajatan.

Ngeposting ni yee mengatakan...

komik MEREBUT KOTA PERJUANGAN "SERANGAN UMUM / SERANGAN FAJAR" ini masih ada yang gak ya sAm??
asyik juga tu untuk di baca.,

van mengatakan...

wkwkwkw,,,
buku2nya menggairahkan...
halah yg ane tau cuma si Deny doank...:D

Mancagok mengatakan...

moga sukses sob...aman kan???
dengan begini semoga bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak bangsa agar mempunyai minat untuk membaca buku...apalagi kalo hasil karya anak negeri...bukan hanya komik jepang yang laris...tapi produk lokal gak kalah menariknya...

Alrezamittariq mengatakan...

mau komen lagi....
mampir pagi-pagi...semangat

Joddie mengatakan...

wow.. buku-bukumu mengingatkan aku akan masa-masa dulu.. btw, itu buku2 keren euy.. ada jati diri bangsa di sana.. kapan yah bisa muncul buku2 kaya gitu lagi?

phonank mengatakan...

Itu komik-komik yang keluar bukan pada zamannya phonank,, hehehehe

ada komik mahabarata pula,, weeeeehhh dah jadul sekali tuh komik,, hehee

siipp deh dengan tugas2nya...

rajin sekali yah,, apa jangan2 waktu sekolah juga serajin ini..??
hha

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah..sama mas dengan saya, saya juga ngga terlalu suka baca buku yang berat2...gampang pusing kalo baca ! selamat deh sudah selesaikan tagnya...

pakde sulas mengatakan...

kang mas yang satu ini pancen hebatttt.

masih suka baca buku macam buku "Enny Arraw" ya?

kalau pakde sudah tinggalkan dua puluh tahun yang lalu

sebagai hadiahnya , pade kasih AWARD PERSAHABATAN,sumonggo dipun trami nggih

unic66 mengatakan...

Buku Merebut Kota Perjuangan...buku pavorit gua tuh waktu kecil...

Local Download mengatakan...

wah, bacannya buku legendaris semua, haha :D
waduh kiat tag ini ky'a saya ada tugas tag seperti ini juga deh, ok deh, pulang dulu mau ngerjadin tag juga..

salam blogger :D

attayaya mengatakan...

jiahahahahaha kena tag juga
nomor 5 keren abisssssssssssssssss
bisa untuk anu

Iqbal pekox's SMAN 4 METRO mengatakan...

sorry mas ra tau mampir.. aku jek akeh tugas sekolah arep ulangan..

buku ki yo buku... nek buku tensil sa iki wes ra ene..

wong aku boco koran wae males.. gimana ni..
aku juga jadi bingung ama sekolahku..

jadi apa nantinya..

Rkeyla mengatakan...

wach...koleksi buku tempoe doeloe
masih ok jg nie tuk dibaca
apalagi yang no 1 ok tuch

tubir mengatakan...

ternyta bacanee simbah simbah jaman doloee ini to. baru denger aku... yang udah denger cuman gundala putra petir. hehehehee. Simbah nanti diceritakan lagi ya..hehehee

attayaya mengatakan...

ssssttt...
anu sam
aku boleh pinjem anu nomor 5?

ARMAN PAIMA mengatakan...

gue pernah punya mas bayu buku merebut kota perjuangan...memang mantap tuh buku...namun sayang buku aku tuh udah hilang...gue punya waktu SD dulu.....begitu

megi mengatakan...

waktu kecil sangat suka baca pet-gar udah banyak koleksi bukunya, tapi sekarang ga' tau ada di mana :p