...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Minggu, 07 Februari 2010

Uang Mengalir Sampai Jauuuh...

Kenapa ya setiap ikon tetang perkorupsian tuh selalu bergambar tikus...? emang apa salahnya si tikus itu? mereka hanya naluri mencari makan tuk melangsungkan kehidupannya...kl gw jadi si tikus gw akan malu banget kalo musti disamain ama para koruptor itu...tikus hanya mengambil seperlunya saja, saat dia kenyang pasti langsung pergi...tp kl para koruptor tak akan puas hingga uang rakyat terkuras



dengerin aja lirik lagu dari idola gw bang Iwan..

Kisah usang tikus-tikus kantor
yang suka berenang disungai yang kotor
Kisah usang tikus-tikus berdasi
yang suka ingkar janji
lalu sembunyi

Di balik meja
teman sekerja
di dalam lemari dari baja

Kucing datang
cepat ganti muka
segera menjelma
bagai tak tercela

masa bodoh hilang harga diri
asal tidak terbukti ah
tentu sikat lagi

Tikus-tikus tak kenal kenyang
rakus-rakus bukan kepalang
otak tikus memang bukan otak udang
kucing datang
tikus menghilang

kucing-kucing yang kerjanya molor
tak ingat tikus kantor
datang men-teror
cerdik licik
tikus bertingkah tengik
mungkin karena sang kucing
pura-pura mendelik

tikus tahu sang kucing lapar
kasih roti jalanpun lancar
memang sial sang tikus teramat pintar
atau mungkin sikucing yang kurang
ditatar.... 

gw inget ada sebuah cerita yg nyeritain tentang tikus...begini...(sambil memegang jenggot, bibir menguncup, mata terpejam n mengingat cerita lalu)

pada suatu hari di sebuah lumbung padi di sebuah desa yg amat damai ditemukan seekor bangkai tikus tergeletak di dasar lantai lumbung padi tersebut...setelah dilakukan olah TKP dan melakukan otopsi terhadap korban maka mantri suntik desa tersebut yang bernama tulsani mengumumkan penyebab kematian adalah kelaparan...
gegerlah seluruh penghuni desa tersebut...mereka pada berceloteh dengan hingar bingar...
"tikus goblok...dia kan tinggal di lumbung padi...koq bisa-bisanya kelaperan..." seru pakde tulimin sang petani yg memakai tengtop putih merk swan n celana kulot hitam plus topi caping.
"bukan itu tikus sakit sariawan...jadi tidak bisa makan" kata mbakyu tulkiyem sang penjual jamu dengan menggendong sebuah kontainer berisi botol jamu di punggungnya.
"yang pasti itu tikus yg bernasib sial...mosok didalam lumbung padi mati kelaperan..." kata tulidah seorang pemuda desa berambut semi gondrong saingan ama giginya yg juga agak gondrong.
dan semua penghuni desa saling bersautan menanggapi sebab musabab kematian sang tikus...
namun tiba-tiba ada suara lirih yg berasal dari mulut rebek penuh rempah nasi aking si tulkamso seorang anak kecil agak dekil bertelanjang dada dengan tulang iganya yg narsis nonjol di dada menampakkan diri serta perutnya yg buncit tak mau kalah narsis berkata...
"tikus jujur koq dibilang gobloglah, sakitlah, siallah...kan tuh tikus jujur banget nggak mau makan yang bukan haknya sehingga sampai kelaparan dan kemudian mati..."
tertegunlah semua penghuni desa...sambil menundukkan kepala mereka melakukan ritual pemakaman kenegaraan diiringi dengan tembankan kantongan 7 kali kearah angkasa tuk menghormati tikus yg jujur itu...

kalo ditinjau dari segi bahasa...korupsi itu diambil dari bahasa latin yang berarti busuk, rusak, mengoyak ataupun menyogok...secara harfiah, korupsi itu merupakan perilaku para penjabat pemerintahan dari tingkat rendah sampai tingkat tertinggi yg busuk, rusak, bobrok dengan nggak wajar n ilegal mengeruk hasil serta menylahgunakan kekuasaannya n dari fungsi jabatannya tuk memperkaya diri...asemtenanik...Dalam arti yang luas, korupsi atau korupsi politis adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi...(ini gw dapet dari kamus besar bahasa Indonesia)

So yg termasuk kategori korupsi itu hanya pejabat pemerintahan saja..?...woow...no meeeen...
kategori korupsi itu sangat luas...dari penjabat pemerintahan ampe warga sipil yang notabennya rakyat jelata...
contohnya :
  • Seorang pedagang kaki lima, mereka menjajakan barang dagangannya di trotoar. seperti yg kita tau, trotoar adalah diperuntukkan tuk pejalan kaki...so...si pedagang udah melakukan korupsi terhadap ketertiban n fasilitas umum.
  • Seorang pegawai swasta memposting blognya di kantor pas jam kerja disela-sela kesibukannya...so...pegawai telah melakukan korupsi waktu n fasilitas kantor...(hayo yg merasa ngaku...)
  • Seorang ayah pada hari minggu yg cerah dia malah asyik ngorock ampe sore karena semalem asyik posting buat ikut kompetisi artikel tentang memberantas korupsi yg diadain oleh cerita inspirasi padahal seharusnya pada hari minggu itu jatah anaknya tuk jalan-jalan...so...si ayah udah melakukan korupsi kejiwaan anaknya...(lhoh...koq gw malah masuk kategori ini ya...)
  • Seorang pengguna WC umum cuman membayar cepek setelah pipis di WC tersebut yg jelas-jelas terlutis "BUANG AIR KECIL=Rp. 500,- ... BUANG AIR BESAR Rp.=1.000,- ... BUANG-BUANG AIR=CEPETAN BELI OBAT SAKIT PERUT"...so...si pembuang air ini telah melakukan korupsi penggunaan air.
dan masih banyak lagi yg bisa kita temui di kehidupan kita sehari-hari yg bisa dimasukkin ke kategori korupsi...

siapa orang pertama di muka bumi ini yg merasakan dosanya telah melakukan perbuatan korupsi itu...?setelah dengan penyelusuran yg berbelit, penerawangan ke masa lalu n ngetik di pakde goggle...ternyata tak lain dan tak bukan yang melakukan tindak korupsi pertama di bumi ini adalah Qabil...busyet dah... si Qabil ternyata saudara-saudara...siapa dia...dia adalah putra dari Nabi Adam AS yg berpasangan kembar dengan Habil...ketika Nabi Adam menyuruh mereka memberikan persembahan kepada Allah SWT, si Habil memberikan persembahan yg paling baik dari barang yg dia punya. tp sebaliknya, Qibil hanya mempersembahkan barang-barang yg bermutu rendah...asemik...persembahan kepada Allah SWT koq pake barang reeject...wkwkwkwkwk...sebenernya korupsi itu udah ada dari jaman bahelak (dulu kala)...lho...
sebenernya banyak kondisi yg mendukung terjadinya tindak korupsi di negri ini...
  • rezim kekuasaan yg gak bertanggung jawab.
  • gak ada etikat baik tentang transparansi menjalankan pemerintahan.
  • para penjabat publik yg berniat ngejar setoran setelah hartanya digunakan tuk kampanye dgn biaya mahal.
  • lemahnya ketertiban umum n supermasi hukum yg ada.
  • dibungkamnya kebebasan berpendapat.
  • Rakyat yg cuek bebek dengan pemerintahan yg ada.
  • nggak adanya kontrol yg ketat tuk mencegah pelanggaran.
n yg terpenting bagi gw kenapa korupsi merajalela di negri ini...krn kurang tebalnya iman para penjabat negri ini...
cobalah kita berteladan dengan kisah Umar Bin Abdul Aziz RA dalam menjalankan pemerintahan...(sambil memegang jenggot, bibir menguncup, mata terpejam n mengingat cerita lalu lagi...)
pada suatu malam yg gelap...kediaman sang khalifah datanglah seorang utusan dari daerah...mau gak mau khalifah harus menerimanya walau badan sedikit pegal setelah seharian mengurusi negara sedangkan istri manis siap menunggu dengan masakan lezatnya... demi tugas negara.
sang khalifah menerima utusan tersebut dengan senang hati maka terjadilah dialog tentang urusan kenegaraan yg sebaiknya gak gw tulis karena rahasia negara...wkwkwkwkwk
setelah urusan negara selesai dilaporkan oleh utusan tersebut, tibalah pada sesi basa-basi...(ternyata gak cuma dinegara kita aja ya yg suka basa-basi)
"Yaa Amirul Mukminin...bagaimana kabar keluargamu?.sehat-sehatkah mereka...begitu ganti..." tanya sang utusan tersebut.
setelah mendengar pertanyaan tersebut maka sang khalifah tiba-tiba meniup lampu minyak yg ada diatas meja...mak pet...tiba-tiba ruangan menjadi gelap gulita.
"lhoh...kenapa lampu minyaknya dimatiin yaa khalifah...jangan-jangan...hiiiii...atuuuut..." kata sang utusan panik.
lalu dengan diam sang khalifah menyalakan lilin kecil yg diambilnya dari dalam rumahnya sendiri.
"Keadaan anak serta istri n segenap keluargaku ku tetep asyiiiik sob..."  kata sang khalifah menjelaskan sekaligus menjawab pertanyaan sang utusan tadi.
ternyata sang utusan sangat tertarik dengan aksi yg dilakukan oleh sang khalifah tadi dan berkata "Yaa Khalifah...saya ngeliat anda mematikan lampu minyak dan menggantikannya dengan lilin kecil setelah saya bertanya tentang keluarga anda...ada apakah gerangan...?"
sang khalifah pun berkata "Wahai hamba Allah utusan dari propinsiku...aq ganti lampu minyak itu dengan lilin kecil karena kamu sudah selesai urusan negara dan memasuki percakapan pribadi...karena lampu minyak itu dibeli dan minyaknya juga dibeli menggunakan kas negara yg notabennya uang rakyat maka aq ganti dengan lilin kecil yg benar-benar milikku pribadi bukan milik rakyat..."

RUAR BIASAAAAAAAA....(sengaja pake R bukan salah ketik)


seandainya semua penjabat negri ini menauladani perbuatan sang khalifah atau ... yah minimal sedikit mencontoh perbuatan si tikus, maka tak ada lagi praktek korupsi yg ada dinegara ini...

tp jangan hanya membebankan tugas pemberantasan korupsi ini hanya kepada bahu pemerintah saja...marilah kita bersama-sama mengawasi kinerja para pelaku pemerintahan ini...
InsyaAllah Indonesia semakin makmur lemah lipah loh jinawi...

SO...kesimpulannya...
GW SARANIN KALO PARA KORUPTOR DISANTET SUMUK SE UMUR HIDUP
...gimana?...setubuh...eh setuju....

n pesan gw yg terakhir kepada sedulur-sedulur gw semua...janganlah kalian mengambil korek gas gw...krn itu termasuk kategori praktek korupsi...jadi tolong balikin duuuuuuuuuuuuuuuuunk....

54 komentar:

Rock mengatakan...

Ya tuhan... Semoga aku bisa pertamaxxx...

Rock mengatakan...

Yeahhh... hahaha...

Sekarang baru baca... Wookee???

LL mengatakan...

Wookee... Aku juga ikutan baca ahhh...

Rock mengatakan...

Wahhh... sam lebond sekarang ikut kontes2an juga ya... Semoga sukses sam... Wookee?

Aku dukung "Lodjie" persen... hahaha...

LL mengatakan...

Ternyata wingi korekku di gowo jangkrik sam... Coba cae di tekoni... sopo ngerti cae yo nggowo korek'e sampean... hahaha...

Bayu Lebond mengatakan...

@upex's : no comment...asemtenaik...

SERBA BLOG mengatakan...

weeee.....mantab mas bayu...Korupsi emang ...tiiitt...tiitt...ttiiitt....(sorry mas, kena sensor tuh....)
tp the best deh buat artikel ini...banyolan campur kritikan....mpe diri sendiri jg kena tuh...korupsi kebahagiaan anak....heheheheeee...
BTW tulkamso p kbr mas....hebat ya dia...

korek gasnya harus masukin UU anti korupsi tuh...
tp hukuman yg pantas buat yg korupsi korek apa ya mas....?????

Lembaga Pelatihan mengatakan...

Panjang banget ceriteranya... tapi bagus banget...!! Korupsi tidak bisa dihilangkan paling paling dikurangi... ini penyakit mental manusia sudah ada dari dahulunya ... seperti halnya maksiat...dan mabok, ..!!
Mengurangi korupsi harus dilakukan pembenahan dari semua penjuru... Agama& Mental, Sistem, Pendidikan, Penegakan Hukum... contoh di Cina bila terbukti tembak mati...!!

Ngeposting ni yee mengatakan...

bAgus ArtIkelNya sOb,,
mAunYA laGu iNi diPutar keTika seLuruh peJAbat lagI berKuMpul,,
gImananya eKspresI paRA peJAbat kLo lAgu iwAn fAls iNi di pUtar??

Bayu Lebond mengatakan...

@SB : tulkamto sekarang jadi lurah di kampung itu sam...
@LP : intinya mulai dr diri sendiri sam...
@NNY : pejabatnya sih sebenernya dah denger sih sam...tp pura-pura budek aja...

gado gado mengatakan...

kapan ya bisa pertamax di blog in?? eh.. eh.. siapa sih yang punya cc or vcc? verifikasi paypal ane dong..

Alrezamittariq mengatakan...

bener2 mengalir dan inspiraatif....gak salah kalo juara di kompetisi blog bang Jodhi...
keep posting sob...

Wawank mengatakan...

KORUPSI...!!!

sound of classic mengatakan...

seorang petani cewek datang tiba2,sambil mengangkat separuh kain jariknya dengan tangan kanan.dan dengan diiringi acungan jari kedua dari kelingking tangan kirinya(angel mesthi),sang petani seksi itu dengan lantang berucap "KORUPTOR HARUS MATI SURI SAMPE 1000 kali,biar tersiksa dia"...

sekelompok tikus sawah yang lagi asyik ikut memanen padipen menyambutnya dengan tepuk kaki,dan di akhiri dengan teriakan kompak kata "YEEEEAAAACCCCCHHHHHH"

jemiro mengatakan...

sebuah ahlak merupakan hal dasar yang harus dipupuk, mendengar puisinya diawal, jadi teringat akan manusia2 yang punya kesempatan untuk berbuat curang, well coba dibayangkan! jika kita tak punya ahlak! ibu kita butuh uang untuk biaya kedokter, tiba2 ada 100 milyar didepan mata, apa daya! tanpa iman asal hajar aja, eh lama2 keterusan!

nice mas, semoga sukses :)

Wawank mengatakan...

HAPUS KATA ITU DI INDOESIA!

sound of classic mengatakan...

pencuri ayam tertangkap,dipukuli hingga mati oleh masa,koruptor tertangkap basah oleh pihak berwajib dan di persilahkan menikmati penjara berfasilitas hotel bintang 5.

semangat kang,bante koruptor.....

Wawank mengatakan...

INDONESIA HARUS BERSIH DARI KORUPSI!
KALAU SAYA JADI PRESIDEN, SAYA INGIN MEMBUNUH PARA KORUPTOR!

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

bantai....bantai....
bantai koruptor,bantai koruptor sekarang juga....

richo mengatakan...

kalo gajah tar kebesaran dan berat bro heheh

Kintaro kazami mengatakan...

wah contoh korupsai yang point 2 rada mengena tuh sam, tapi kan gw eamng krjanya di warnet, jadi wajarlah wkwkwkwkk...

setiap kali mbaca artikelmu sam, rasanya ada "cita rasa tersendiri", bukanya mau muji sih, cuman ngmong ap yg kurasain sam.

oke sam, keep posting ajah, semoga sukses dalam kompetisinya yah

Dunia Komputer mengatakan...

Korupsi seperti uda jadi budaya buat para pejabat. Bagaimana cara menghilangkan budaya tersebut ya?

Awaluddin Jamal mengatakan...

bener tuh..,

kalau gw jadi tikus..,

gak mau saya disama2in sama Koruptor..,

*wah kalau tikus aja gak mau disama-samain sama koruptor.., koruptor kita samakan apa yah*

kasihannya dirimu.., makanya jangan korupsi..,

attayaya mengatakan...

setubuuuuuuuuuh...
eeeh setujuh
santet aja
pssst... dukunnya dmana ya???

Kenapa ya setiap ikon tetang perkorupsian tuh selalu bergambar tikus...?
jawab :
karena kalo pake gambar kebo
ntar pak presiden misuh2 lho

aan mengatakan...

jaman sekarang susah nyari pribadi yg seperti Umar Bin Abdul Aziz RA,,lha wong saya saja buat postingan pas jam2 kerja,,

saya juga korupsi waktu lho,buat komentar disini,,huehehe

Vamps mengatakan...

getok aja tikus koruptornya. BUNUHHHHH

KucingTengil mengatakan...

lebih mulai tikus dr pada pejabat negara kita yg koruptor dong. Tikus aja mati di lumbung padi krn ga mau memakan haknya (teorinyaaaa.... kali aja tikusnya cuma mau makan padi yang udah dimasak jadi nasi hihihihi)

dunia sports mengatakan...

gara2 KORUPTOR tikus ikutan terkenal juga brow..... wah bagus tuh artikelnya..

ice blended vanilla mengatakan...

nice post mas lebond

Multimedia komputer dan internet mengatakan...

sependapat dengan kucing tengil siiip

ocy mengatakan...

lagu itu,,langsung download ne,,
siip dah,,
salam kenal juga,,,

ARMAN PAIMA mengatakan...

Ijin coment...klo menurut gue bro...para koruptor itu nggak usah di santet...Lebih baik langsung di sikat aja rame2...sampai mati....dasar para koruptor tika berperi kemanusiaan....mungkin mereka bukan manusia...tp setan yang menjadi manusia....Piuh....Puih...Puih..untuk para koruptor

aan mengatakan...

malam mas,,
ikutan kontes ini PD aja lagi mas,,(gue jg sbenernya ngga' PD ),,pokoknya gue dukuuung 100 %,lagi postinganya juga oke kok,,

eh,,PD bukanya nama partai?? *kabuurrrr,,,*

Fareedh Perdana mengatakan...

Weleh2. . . . Korupsi kyknya sudah jd trademark bangsa Ini. .

Harry seenthing mengatakan...

setuju dengan tulisan yang akhir mas....nyate ooopppssss salah....santet

Roy_Mancagok mengatakan...

wah...gemana ya mas,...kalo yang namanya berurusan sama yang namanya Uang, dilema tuh.
tapi jangan sampe di santet dunk...
kasian sang dukun tuh baca mantranya karna pelaku koruptor udah terlalu banyak di negeri ini jadi dukunnya juga butuh tenaga ekstra...

rumah curhat mengatakan...

santet aja para korup, setuju bgt gw, bikin org2 yg korup tersiksa, biar dya tau penderitaan rakyat gr2 ulahnya. dket rumah ada juga tuh org yg korup, wah...anaknya asikk bener,...beli motor aja kayak beli korek api, udah tiap minggu ganti2 motor,..

online mengatakan...

setubuh....eh setuju bayu, santet sumuk apa bayu? menurut aku bikin org2 itu nggak bisa buang air besar aja, biar semua mknan menumpuk dan membusuk tuh diperut mereka, untung aja aku punya bpak petani, dan ibu seorang guru, coba klo bapkku pejabat, mungkin juga ikut2an korupsi. hehe.

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Kadang2 kasian juga ama tikus, perasaan ude jelek...masih aje di jelek-jelekin...he..he. Kunjungan balik...!! makasih sudah mampir di blog saya...sekalian minta ijin follow blognya.

Salam kenal & salam hangat selalu...

Ngeposting ni yee mengatakan...

rUpanYa iKutan kOntes jUga,,
sEmoga sUkses yA sOb,,

phonank mengatakan...

Berrti hampir semua orang baik kalangan atas maupun yang di bawah juga pernah korupsi doonk..???

wahwahwah....

ternyata kita garus banyak2 instropeksi diri sebelum mencaci dan menuding orang lain...

Hayo yg pada korupsi, balikin dooonk...

Rizky2009 mengatakan...

kalau ngomongin soal pemerintah / para pejabat negara "NO coment dah"

oy lihat "link yang dah tak pasang yg dah ngerjain" jawaban itu bukan u/ kamu sob tp u/ sobat webemaster

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

tebas aja sob batang lehernya... aku juga marah ma koruptr2 tu...

Joddie mengatakan...

he..he.. mantap bang artikelnya.. apa adanya banget, ini udah masuk list, ^^
sorry hari sabtu malem sampe minggu siang ada server maintenance, jadi beberapa sistem gak jalan waktu itu - termasuk formulir pendaftaran.. sekarang udah beres kok.. ^^ maaf yaa..

van mengatakan...

hanya satu kata untuk para koruptor....
acungkan jari tengah untuknya....
wkwkwkwkw

Ngeposting ni yee mengatakan...

bErkuNjung lagI ni sOb,,

ivan kavalera mengatakan...

Tulisan inspiratif, sobat. Sukses ya.

Bayu Lebond mengatakan...

tengkyu atas semua partisipasinya...terharu gw...hick...hick...hick

angger mengatakan...

manteb dech artikelnya,mas bayu^_^

Celetukan Segar mengatakan...

Kalo mereka pada pake AC gimana?

andrie callista mengatakan...

terlambat kekantorpun termasuk korupsi lo.. he..

Rahad 2 Six mengatakan...

bagus banget nih artikelnya...
kueren!!

bunda neyra mengatakan...

keren bgt tulisan2nya pa lagi yang ini uang mengalir sampai jauhhh...maaf baru baca...

Tukiran mengatakan...

mampir lagi mas...kami seluruh komunitas blogger bertuah pekanbaru turut berduka cita....link blog mas sudah terpasang di bloglist disidebar kiri blog saya...eits belum ada ni link blog saya disini he he he he salam persahabatan