...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Jumat, 12 Februari 2010

Gōngxǐ fācái...Xīnnián kuàilè..."Selamat Tahun Baru"

Pada tahun 2010, Tahun Baru Imlek jatuh pada hari Sabtu, 14 Februari 2010 dan merupakan Tahun Baru China ke 2561 dengan shio Harimau.

Pada jaman dahulu kala, ada seekor monster yang bernama Nián dia itu adalah seekor raksasa yang suka memangsa ternak n pemakan manusia dari pegunungan ...tp banyak pula yg bilang dari bawah laut tergantung sang pendongeng ada diwilayah mana saat mendongeng...


sang Nián ini suka muncul di akhir musim dingin untuk memakan hasil panen, ternak dan bahkan penduduk desa. Untuk melindungi diri merka, para penduduk menaruh sesajen makanan di depan pintu mereka pada awal tahun. Dipercaya bahwa melakukan hal itu Nian akan memakan makanan yang telah mereka siapkan dan tidak akan menyerang orang atau mencuri ternak dan hasil Panen. Pada suatu waktu, penduduk melihat bahwa Nian lari ketakutan setelah bertemu dengan seorang anak kecil yang mengenakan pakaian berwarna merah. Penduduk kemudian percaya bahwa Nian takut akan warna merah, sehingga setiap kali tahun baru akan datang, para penduduk akan menggantungkan lentera dan gulungan kerta merah di jendela dan pintu. Mereka juga menggunakan kembang api untuk menakuti Nian. Adat-adat pengurisan Nian ini kemudian berkembang menjadi perayaan Tahun Baru. Guò niánHanzi tradisional "Bahasa Tionghoa", yang berarti "menyambut tahun baru", secara harafiah berarti "mengusir Nian". Sejak saat itu, Nian tidak pernah datang kembali ke desa. Nian pada akhirnya ditangkap oleh Hongjun Laozu, seorang Pendeta Tao dan Nian kemudian menjadi kendaraan Honjun Laozu.


Sebelum Dinasti Qin, tanggal perayaan permulaan sesuatu tahun masih belum jelas. Ada kemungkinan bahwa awal tahun bermula pada bulan 1 semasa Dinasti Xia, bulan 12 semasa Dinasti Shang, dan bulan 11 semasa Dinasti Zhou di China. Bulan kabisat yang dipakai untuk memastikan kalendar Tionghoa sejalan dengan edaran mengelilingi matahari, selalu ditambah setelah bulan 12 sejak Dinasti Shang dan Zhou (menurut Sima Qian). Kaisar pertama China Qin Shi Huang menukar dan menetapkan bahwa tahun tionghoa berawal di bulan 10 pada 221 SM. Pada 104 SM, Kaisar Wu yang memerintah sewaktu Dinasti Han menetapkan bulan 1 sebagai awal tahun sampai sekarang.

...POKOK'e...

...selamat bagi sedulur-sedulur gw yg pada ngerayain ...

...Gōngxǐ fācái...

...Xīnnián kuàilè...

..."Selamat Tahun Baru"...

semoga ditahun yg baru ini gw gak sering kehilangan korek api...

13 komentar:

Ngeposting ni yee mengatakan...

sAm iZinkan aQ yAng pErtAmaxXx.,,..,

Ngeposting ni yee mengatakan...

aKhirnyA yAng pEtrOmaxXx, eH salah yAng pErtamaxXx jUga.,,.
ye ye ye ye
horAi-hOrai.,
gOng xI fA cAi.,.,

Rock mengatakan...

Gongxi facai sam lebond... hahaha...

Aldien Blog mengatakan...

Gongxi facai brur !

van mengatakan...

gonxi facai....
met tahun baru imlek...sam lebonddd....
moga makin jaya...

tubir mengatakan...

oh begituu ternyata asalmulanya... baru tauuu saya.... untung ngeronda... kalau gak ngeronda gak dapet info taun baru imlekk nie

aan mengatakan...

bagi angpao nya doong,,

pakde sulas mengatakan...

sugeng enjang , menyonsong hari haya gongxi facai

kados pundi kabaripun? punopo sae kemawon? meniko pakde saking suroboyo anjangsono

sugank mengatakan...

selamat taon baru ea......

phonank mengatakan...

Wah kalau phonank gak ada keturunan2 Orang Tionghoa nih.. jadi tidak merayakan,,,

phonank ada darah belanda - jawa,, hahaha

Gong Xi Fat cai juga

Athene mengatakan...

gong xi fa chai,,, gong xi fa coy, ini sejarah apa asal usul ya??? kapan ya gw bisa pertamax

Bayu Lebond mengatakan...

ALL : semoga ditahun macan ini kita semua lebih ganas...grreeeeeeeekkk...arep ngletak ndas kie...

more-click mengatakan...

Aku akan beraksi di tahun macan ini, mau berubah jadi manusia harimau,,, hehehehe