...Sugeng Rawuh...Selamat Datang...

terserah orang mo pikir apa. yang penting gw gak melanggar norma agama. terserah orang mo bilang apa.yang penting gw gak melanggar hukum negara

Sorry kalo tulisan gw gak pake EYD. Gw bukan penulis apalagi penyair. jadi jangan harap untuk menemukan tulisan yang bagus disini. gw gak mo menyerang siapapun disini. gw hanya mo nulis gak perduli lu suka apa nggak. sekali lagi Sorry...Maaf...Nyuwon ngapunten...

Kamis, 11 Maret 2010

Gatutkaca vs Superman

Gatutkaca Vs Superman
Kebetulan sekali tadi sore jalan kedaerah ciputat karena musti datengin salah satu vendor gw buat produksi salah satu promotion item gak sengaja gw ngelewatin salah satu lapangan yg sedang digunakan untuk pasar malem.

Rame banget tempatnya apa-apa ada tumplekblek disitu. ada yg ngejual baju, ngejual sepatu bajakan, ngejual DVD bajakan, jual gorengan tp nggak bajakan, mainan anak-anak (mosok mainan bapak-bapak), tukang parkir ampe tukang copet juga ada.

ada yg menarik perhatian gw tuk segera menghentikan motor CB100 gw n memperhatikan pemandangan yg ajaib. disalah satu stand mainan anak-anak terdapat gambar super hero lokal bersanding dengan super hero import dengan pose saling berhadapan menantang.

gw jadi inget pada kejadian waktu gw SMA dulu di Solo. di kawasan Sliwedari ada dua buah gedung yg menampilkan pentas seni dalam dua dunia yg berbeda alam. Satunya bernama "GEDUNG WAYANG ORANG SRIWEDARI" n yg satunya lagi bernama "SOLO THEATER 21". nah dari namanya aja mungkin lu udah pada taukan perbedaannya. yg satu nampilin pentas wayang orang tradisional dengan efek-efek sangat sederhana dengan pementasan live tentunya, n yg satu lagi nampilin wayang juga tapi penuh dengan efek teknologi mutahir. dua dunia yg bertolak belakang itu duduk secara berdampingan di Taman Sliwedari Solo yg sangat timpang dilihatnya.

GWO dengan hanya bertiket masuk Rp. 250 perak dengan gedung yg sebenarnya megah tapi sudah lusuh kurang begitu terawat tanpa AC hanya ada beberapa kipas angin besar di langit-langit gedung yg berputar malu-malu terdapat beberapa penjaja jajanan tradisional semacam cabuk rambak, gempol pleret, kacang goreng pasir, pecel ndeso nasi merah, wedhang ronde n kwaci cap gajah. didalam gedung para pemain asyik memainkan peran mereka masing-masing dengan penuh penghayatan di iringi gamelan live dari para niogo (tukang nabuh gamelan) n alunan suara lantang para sinden (vokalis group band gamelan). korsi yg disediakan tidak terisi penuh (bahkan separuhnya saja tidak ada) didominasi para kaum papa yg sudah setengah tua, beberapa anak muda yg berpenampilan apa adanya (bahkan ada yg berkain sarung) n yg ajaib malah ada beberapa turis asing asik menyaksikan pentas tersebut yg saat itu mementaskan "Gatutkaca Gandrung".

SOLO Theater dengan tiket masuk Rp. 750 dengan gedung yg gagah terawat dengan AC yg sueger terdapat stand penjual jajanan gaul semacam popcorn, softdrink, burger n snack sebelum film dimulai disediakan pula mesin Video Game buat para pengunjung mengisi waktu sambil menunggu film diputar. didalam gedung studio yg selalu penuh oleh pengunjung disajikan pentas rekaman dari para aktor diiringi suara dolbi sterio dari sound sistem canggih yg memanjakan telinga. pengunjungnya pun terdiri dari kaum menengah keatas dengan dandanan busana up to date tp gw malah nggak ngeliat satupun turis yg ada tuk melihat pentas di theater ini kebetulan salah satu studio memutar flim "SUPERMAN".

di salah satu gedung orang-orang menyaksikan aksi-aksi seniman penerusan tradisi wayang orang sebagai identitas nilai-nilai komunitas n mereka sangat senang tetap terpeona, digedung sebelahnya orang-orang JAWA menyaksikan pentas wayang orang hollywood yg penuh kemilau n pesona aktor/aktris cantik/ganteng.

sebenernya ada sedikit persamaan adegan di kedua gedung itu. Superman yg nggak dapat ditembus peluru oleh para penjahat sebenarnya sama dengan Gatutkaca yg berotot kawat tulang besi (kalo patah tulang musti dibawa ketukang las) ora tedas tapak palu neng pande. Planet Krypton dimana Superman lahir sebenarnya adalah sama dengan Suroloyo asal Gatutkaca. Smallville dimana Superman dididik sebagai manusia oleh orang tua ngakat mereka sebenarnya sama dengan Kawah Condrodimuko tempat Gatutkaca digembleng oleh para dewa. Kryptonite batu yg membuat Superman lemah bahkan membunuhnya adalah sama dengan senjata Kuntha milik Karna yg bisa membunuh Gatutkaca. Lambang "S" didada Superman sama saja lambang bintang yg ada di dada Gatutkaca. Sayap/jubah melambai Superman sebenarnya sama saja dengan Kutang Ontokusumo Gatotkaca yg keduanya sama-sama digunakan untuk terbang. Dan waktu Superman ber-indehoi ria ama Lois Lane di angkasa? ah...itu sih sama saja adegan Gatutkaca n Pregiwo yg sedang yang-yangan di atas awan.

So...apa yg ngebedain?...yg pasti Superman adalah wayang orang dengan tekhnologi hollywood mutakhir. Dan gak ada turis barat yg rela antri karcis buat nonton Superman, mereka malah rela bersumuk ria menyaksikan Gatutkaca yg ngobrak abrik kayangan n bila mereka telah pulang kenegara mereka masing-masing akan berkata bangga dengan teman-temannya "Gw udah pernah nonton wayang orang di jawa lho" seperti orang kita yg baru pulang dari disneyland akan berkata "Gw dah pernah liat Disney di Amrik lho..."

kalo benar kenyataan GATUTKACA n SUPERMAN ketemu trus berantem gara-gara rebutan korek api gw yg ketinggalan di Taman Sriwedari siapa yg menang ya...

42 komentar:

Rock mengatakan...

AMANKANNNN BUNG.... yeahhh.

Etc News mengatakan...

Aku juga ikutttt....

LL mengatakan...

Melu.. melu.. melu...

Wawan mengatakan...

Gatotkaca lebh hebat drpd Superman!!
Nice posting kak!

Etc News mengatakan...

Cabuk rambak, gempol pleret iku bangsane opo sih bung sam???

merawat dan memperbaiki komputer mengatakan...

jadi inget dulu waktu nang kost,kebetulan kost belakang sriwedari.suatu saat kelaparan melanda kos kami dan gak ada duit,terus pelariane nonton wayang orang nang sriwedari.
karepnya ben melupakan rasa lapar,tapi malah weteng sakit mergo ngekek nonton wayang orang.mosok anomane warna-warni,malah koyo power rangers.wkwkwk

info dalam kubus mengatakan...

wasite siapa ya bung? mungkinkah wasite simpson...

gak mutu mengatakan...

yang menang tentu saja yang menonton ... mereka tinggal bertepuk sorak ketika jagoannya mampu melayangkan pukulan di tubuh lawan ...

sedangkan yang kalah tidak lain dan tidak bukan yaitu yang merasa telah kehilangan korek apinya .. .

☼►100ABC blog◄☼ mengatakan...

Sebagai orang Indonesia aseli, dengan lantang dan gagah berani meneriakkan Gatotkaca yang menang.
Hidup Gatutkaca....!!! Selamat mendapatkan award korek Sam Lebond

quinie mengatakan...

nah, kalo kita sendiri lebih milih superman atau gatotkaca?!

Dimas mengatakan...

susah juga tuh nentuin nya mana yg menang soalnya korek apinya aja belum ketemu wkwkwk....
bukan rebutan jadinya, dulu-duluan nyari korek api hehe...

pakde sulas mengatakan...

kalau supermen dan gatutkaca berantem gara gara korek api, tentu aja yang menang Bung Bayu , karena memang sampean dalangnya, dan juga buat apa superman dan gatutkaca rebutan korek api segala ,mereka itu bukan perokok yang merokok kan sampean juga.

piye kahanane Bing Adis utowo Wuk Adis opo wis sehat wal afiat, mugo mugo ndang biso gegojegan maneh

Celetukan Segar mengatakan...

Wuah ingin jadi pergi ke Solo, nih!

athene mengatakan...

cinta produk dalam negeri walaupun suka produk import,,, jadi dukung gatot kaca temenan aja ama superman.... Peace man

masterGOmaster mengatakan...

wah wah wah informasinya akurat sangat sob,makasih ya dah share

darahbiroe mengatakan...

wow jadi kepingin liad nuyyy
lucu dan seru nuy pastinya wakkwa sama2 otot baja balung wesi nuy ckckck

berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
makasih
:D

antokcupu mengatakan...

heheh hidup gatot kaca :LD

blogwalking

ususpanjang mengatakan...

bukan berantem mas, yang ada supermen di omelin ma gatutkaca gara.gara pake celana dalem tebalik, hehehe
salam kenal mas :D

Wawank mengatakan...

linknya dah kupasang!

wawank mengatakan...

mohon bantuannya!

GADO GADO mengatakan...

gatot kaca dong yang menang. superman aja pakai celana dalem di luar. Trus terbang aja masih pakai sayap.. hehe

SyahidaComputer mengatakan...

Wah .. ya jelas menang gatot kaca dunk. Lha wong Gatotkaca dibantu sama dalang,...Superman kan tidak ... he..he..

nyoto-mas mengatakan...

ojo berantem masalah gatot koco opo superman..
oh ya, tukeran link ya...
banner link sampean udah aku pasang, silahkan di check http://nyoto-mas.blogspot.com/

Darin mengatakan...

nang sekaten wingi iseh ono brur nek koyo ngono hehehehe :D

Artikel Komputer mengatakan...

Yang menang tuh dalangnya. Soalnya dia yang bisa ngendaliin Gatot Koco atau Suparman se-enak udelnya. :D Lama tak berkunjung kemari sam.

Alrezamittariq mengatakan...

hiyahahahahaha

aan mengatakan...

kalo di suruh pilih gatot kaca or superman ,jelas donk lebih sakti gatot kaca..superman kalah ama batu cryptonite)

gatotkaca gugur dimedan perang saat perang bharatyudha untuk melindungi paman harjuna dari senjata konta milik adipati karna,

kalo superman berita terakhirnya baru kembali lagi ke bumi, tapi kurang mendapat sambutan dari penduduk bumi karena udah banyak superhero lain yang muncul terlebih dahulu seperti batman, spiderman, fantastic four dll..

salam hangat bung,,!

wawan mengatakan...

makasih dah pasang linknya kak!

tapi low bisa, huruf g dari wawang dibuka! cukup Wawan!
makasih kak!

Bunga mengatakan...

Kisah Gatotkaca dan Superman dimulai sejak mereka lahir ya sob. Hmmm, jangan2 si pencipta superman menjiplak dari kisah Gatotkaca yaa, bisa jadi lho...
Mumet ahhh, salam mesra aja dari negeri bunga.

attayaya mengatakan...

bung...
GATUTKACA n SUPERMAN ketemu trus berantem gara-gara rebutan korek api
pasti ga ada yang menang
lha wong korek apinya ma aku jee
lagian mereka berdua ga merokok kok bung

InfoPhone-KDR mengatakan...

Wach jadi pengen pergi ke Solo nich bung coz lama gak main ketmpt bulik saya yg kebetulan ada disana,btw asli Solo ya bung hehehe...:D

van mengatakan...

gaul juga si suparman terbangny pake kutang untakusumo,,,wkwkwkw

gak mutu mengatakan...

dan pemenangnya mendapatkan penghargaan korek api yang dapat diambil sendiri di tempatnya ... .

Nenad mengatakan...

wakh aku poikir beneran,......pastinya seru tuh kalo bisa ketemu...heheheh
linknya sudah aku masukan mas, link balik yah mas

phonank mengatakan...

Sepertinya pernah dengar tuh yang namanya pementasan seperti Gatot kaca VS Superman,,

dalam film komedi Warkop juga pernah lihat sayanya.

Pementasannya hampir2 mirip seperti itu, jadi bisa dibayangkan seperti apa tuh Theater 21 SOLO nya,, hohohoo

Masa Bayu jadi terngiang masa-masa dahulu nih,, hehehe

wahyu mengatakan...

lha penting gak sih rebutan korek api lo yang ketinggalan? coba korek api lo adalah 1 gram uranium 240 yang bisa mengubah dunia menjadi neraka dalam 1 menit. pasti nggak cuma mereka yang rebutan, amerika dan antek-anteknya pasti nguber lo juga.

Saung Web mengatakan...

Haha jadingat dulu sob.. seneng sekali nonton wayak golek nih.. pokoknya kalau dah keluarg gatotkaca.. tepuk tangan semua dah pokoknya.. haha..

Dofollow Blog Community mengatakan...

Pokoknya kalau diaduin gatotkacaku pasti menang lawan superman. hahaa..
btw.. sob.. gabung aja disini.. sesama df nih..

ninneta mengatakan...

Hai...

apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

tovarossi mengatakan...

pasti seru bro kalo gatutkaca vs superman. produksi dalam negeri ama luar negeri bertemu hehehe....

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Kayaknya yang menang gatot kaca nih, soalnya superman ngga bisa bahasa Jawa...kalo cari korek api kan mesti nanya2 ke orang. Bisa juga dua2nya ngga menang, soalnya korek apinya sudah ditemuin oleh mbok Juminten terus dipake buat nyalain kompor dirumahnya...he..he

Ngeposting ni yee mengatakan...

BlacKwalkIng sObat.,.,